Wisata Gurun Pasir
Kalau jalan-jalan ke Dubai, wajib coba ikut wisata gurun pasir atau desert safari.
Segala kemewahan Dubai seolah menjadi ikon dari kota Uni Emirat Arab ini. Padahal sebelum hutan beton, Dubai hanyalah padang pasir. Untuk melihat eksotisme Dubai di masa lalu, ada satu atraksi yang bisa dinikmati oleh wisatawan, safari desert. Inilah wisata pacu adrenalin di atas padang pasir. Kegiatan ini biasanya dilakukan sore hari bertepatan dengan sunset. Dengan menggunakan mobil khusus sekelas Land Cruiser, peserta tur akan dijemput menuju Dubai Desert.
Berikut cara untuk menikmati di padang pasir Dubai:
1. Petualangan offroad
Anda suka menantang adrenalin? Cobalah wisata yang satu ini. Big Red, di mana kamu bisa menaiki motor ATV dan menjelajahi gurun pasir. Selama setengah jam, motor ini berjalan cepat. Jadi wisatawan diharuskan memakai helm selama perjalanan.
2. Bermain Sand Boarding
Lembutnya pasir di gurun mungkin membuat siapa saja ingin bermain. Dari anak-anak sampai orang dewasa, semua bisa saja jadi punya ide untuk mencoba berbagai hal di atas hamparan atau bukit pasir. Salah satunya? Mencoba berguling-guling, meluncur atau merosot! Terserah saja, kamu bebas bermain sesukanya. Meski begitu, ada cara merosot di pasir yang lebih keren: sand boarding! Bayangkan berselancar di atas papan tapi bukan di laut namun di pasir. Itulah sand boarding. Siap-siap ya, kegiatan yang satu ini punya peluang besar membuat siapa pun yang mencobanya jadi ketagihan.
3. Menunggang unta
Tidak sah berwisata ke gurun pasir di Dubai kalau belum naik unta. Itulah kenapa selain sand bashing naik unta jadi salah satu kegiatan favorit wisatawan yang datang ke sana. Tapi jangan berharap kamu akan berkeliling gurun naik hewan tunggang ini atau berkelana berjam-jam di atas punggungnya. Acara naik unta umumnya hanya menjadi bagian singkat dari paket desert safari yang ditawarkan beberapa penyelenggara tur.
4. Safari hewan liar
Di padang pasir, Anda bisa melihat hewan asli Dubai dan kambing oryx Arab di sini. Layaknya seorang raja, wisatawan akan merasakan pengalamaan safari gurun yang otentik ala tahun 1950-an dengan mobil jeep antik. Anda bisa memilih safari di pagi hari, dan sarapan makanan tradisional Arab dan mendengarkan cerita dari masyarakat Badui. Bisa juga memilih safari malam, di mana akan menikmati indahnya matahari terbenam dan ditutup dengan makanan yang nikmat di Royal Desert Retreat. Selain safari bersama, kamu juga bisa menikmati tour secara pribadi.
5. Menginap di Padang Pasir
Ada beberapa penginapan di sekitar padang pasir ini, Al Maha Desert Resort and Spa, dengan vila bergaya tenda yang mewah. Di sini juga terdapat kolam renang. Penginapan ini bisa menjadi tempat relaksasi yang tidak berisiko, dengan sejumlah kegiatan yang ditawarkan.
6. Melihat peternakan unta
rient Tours, penyedia tur yang dipakai kumparan saat ke sana misalnya. Mereka memiliki program tambahan mengunjungi peternakan unta. Di peternakan ini kita dijelaskan tentang kenapa unta jadi hewan tunggang yang diandalkan sejak dulu, bagaimana unta bertahan hidup tanpa minuman dan makanan, hingga betapa istimewanya hewan ini bagi masyarakat Arab. Bila beruntung, di peternakan ini kamu juga bisa melihat unta yang sedang hamil, akan melahirkan atau melihat bayi unta yang sangat lucu.
7. Menyaksikan elang pemburu beraksi
Selain unta, binatang yang menjadi 'bintang' di padang pasir adalah elang. Berburu dengan elang gurun pasir sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Arab pada umumnya selama lebih dari 2000 tahun dan dijadikan salah satu simbol budaya Uni Arab Emirat.
Di masa lalu elang ditangkap, dilatih, dan digunakan orang Badui untuk memburu makanan mereka, menangkap kelinci atau habara -sejenis burung liar yang mirip kalkun. Tak hanya urusan mencari makanan, elang juga digunakan sebagai olahraga bergengsi. Memiliki elang adalah masalah harga diri.
8. Memacu adrenalin dengan kendaran 4WD
Walaupun berjalan kaki di tengah gurun pasir di Dubai mengasyikkan, cara paling seru untuk menikmatinya adalah dengan kendaran 4WD. Kegiatan ini biasanya disebut sand bashing atau dune bashing. Pastikan kamu memakai sabuk pengaman ya, karena di dalam mobil kamu betul-betul akan diajak 'gila-gilaan' naik turun bukit-bukit pasir yang seolah tak ada habisnya. Mobil bisa menanjak tinggi, berhenti dalam keadaan menukik di tepi bukit, atau miring seolah mau terbalik.
Nah itu dia cara menikmati liburan di padang pasir. Semoga bermanfaat!