Tips Dasar Melukis
Sedang mencari kegiatan atau hobi baru untuk mengisi akhir pekan? Melukis bisa jadi aktivitas seru untuk dicoba, terutama dengan menggunakan cat air.
Selain bahan-bahannya mudah didapatkan dan cukup terjangkau, ada banyak tutorial yang membahas cara melukis untuk pemula. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas seni untuk meningkatkan kemampuan dan mengasah kreativitas yang dimiliki.
Sebelum mencoba berbagai cara melukis untuk pemula, hal yang perlu dipersiapkan tentunya adalah perlengkapan melukisnya. Yuk, kenali lebih mendalam dan miliki peralatan berikut ini sebelum mulai membuat karyamu sendiri.
Berikut adalah tips melukis untuk pemula.
1.Kenali Kuas yang Diperlukan
Sebelum mulai mendalami cara melukis untuk pemula, ada baiknya mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti kuas. Menurut ilustrator Rachel Hinderliter, ada dua brush atau kuas yang sering digunakan dan menjadi favorit para pelukis profesional.
Pertama, Raphael Soft Aqua dengan ujung kuas berbentuk bulat dengan 12 pilihan.Ukuran terkecil ditandai dengan nomor 2 hingga yang terbesar dengan nomor 24. Sedangkan yang kedua adalah quill brushes dengan tekstur kuas yang lebih tebal sehingga dapat menahan lebih banyak air dan memberikan hasil akhir yang sempurna, terutama saat melukis dedaunan.
Tapi jika baru saja mempelajari cara melukis untuk pemula, biasanya benar-benar hanya memerlukan tiga kuas yaitu yang berujung bulat kecil dengan nomor 4, 5 atau 6, sebuah kuas flat bersudut dan flat besar berukuran 2 inci atau lebih. Sikat datar bersudut ini multifungsi karena mampu melukis area besar atau memberikan detail kecil.
Jangan membuang semua kuas lama yang sudah kaku karena dapat digunakan untuk mengangkat cat, memperbaiki kesalahan atau untuk meringankan area. Anda bahkan dapat memotong bulu kuas lebih dekat ke ferrule atau bagian logam pada kuas untuk membuatnya lebih kaku.
2.Jangan Takut Menuangkan Ide
Selain tips belajar melukis bagi pemula di atas yang berkaitan dengan peralatan melukis, hal penting lain yang perlu Anda perhatikan saat akan mulai melukis adalah: Jangan takut menuangkan ide! Tidak perlu khawatir jika lukisan yang Anda hasilkan tidak seperti lukisan yang pernah ada, karena tentu setiap orang punya ‘warna’-nya masing-masing. Dengan menyingkirkan keraguan yang ada di dalam diri Anda, Anda juga jadi bisa semakin percaya diri dalam menggoreskan kuas.
Tidak perlu ragu juga untuk mencampur dan bermain warna karena keunikan dari kombinasi warna yang Anda hasilkan juga bisa menjadi identitas Anda dalam melukis. Yang penting, semakin sering Anda belajar, berlatih, semakin mahir juga Anda dalam berkarya.
3.Membangun warna
Kegiatan ini akan membantumu berlatih membangun warna dari air biasa hingga campuran cat yang jenuh. Awali cara melukis untuk pemula ini dengan menggunakan hanya satu warna untuk mencapai efek yang mulus, yang dikenal sebagai “ombré”.
Mulailah dengan kertas cat air yang kering. Masukkan genangan air kecil ke dalam palet dan setetes cat di sebelahnya. Ambil sedikit air dengan kuas bersih untuk memulai. Mulailah mengecat strip yang akan terlihat transparan di atas kertas.
Tambahkan sedikit pigmen ke dalam genangan air dan pastikan untuk memperhatikan berapa banyak cat yang ditambahkan. Ulangi proses ini dengan menambahkan sedikit lebih banyak cat dan ingat untuk membilas dan menepuk kuas di selembar kain atau kertas agar bersih. Pada saat mencapai ujung strip, campuran cat air harus cukup tebal dan cat akan terlihat pekat dan buram.
4.Membuat gradien
Kegiatan ini mirip dengan membangun warna, tetapi alih-alih bekerja dengan air biasa dan tampilan berbeda dari satu warna, cara melukis untuk pemula ini menggunakan dua warna dan secara perlahan beralih dari satu warna ke warna lainnya. Ini adalah teknik yang bagus untuk melukis langit dan matahari terbenam.
Pastikan untuk menggunakan warna yang berdekatan pada roda warna untuk menciptakan harmoni, misalnya hijau dan kuning, biru dan ungu, merah dan oranye, atau biru dan hijau. Pertama siapkan cat yang tidak terlalu encer atau pekat, mulai lukis strip warna dengan cat murni tanpa air, lalu ambil warna lainnya dan sapukan dengan perlahan. Transisi warna harus lembut dan halus agar gradien tidak terlihat berombak.
Itulah beberapa tips dasar untuk melukis , jika kalian menguasai tips-tips di atas maka akan lebih mudah untuk melukis.