Burung Beo yang Lucu
Burung beo adalah salah satu dari banyak jenis burung dengan bulu mencolok, dan gemar berkicau.
Burung panjat khas yang dapat memakan buah bercangkang keras. Dengan bulunya yang cerah, mereka sering dipelihara sebagai hewan peliharaan. Mereka dihargai, dan dicintai karena bulu mereka yang indah, dan kemampuan mereka dalam meniru ucapan manusia.
Penelitian telah menemukan bahwa sebagian besar burung beo kidal. Burung beo terbesar adalah Macaw ungu, dan biru, dengan ukuran panjangnya yang bisa mencapai 100 cm. Sedangkan burung beo terkecil adalah burung beo berekor pendek bermahkota biru, dengan ukuran panjangnya hanya 12 cm.
Burung beo adalah satu-satunya hewan yang memiliki kemampuan untuk meniru, dan berbicara bahasa manusia.
Selama beberapa tahun, para ahli percaya bahwa burung beo tidak dapat mengatur otak mereka untuk mengucapkan kata-kata ucapan manusia, dan alasan mereka dapat mengucapkan beberapa kata sederhana adalah karena mereka secara tidak sadar telah meniru ucapan manusia.
Namun, fakta dan penelitian telah membuktikan bahwa ini bukan masalahnya, dan kenyataannya burung beo memiliki kemampuan untuk berpikir.
Ilmuwan Pepperberg pernah menjinakkan burung beo abu-abu Afrika, dan setelah kematian burung beo, yang digambarkan sebagai hewan yang paling cerdas di dunia, Pepperberg menerbitkan "Alex and Me". Dalam buku itu, Pepperberg mengatakan kecerdasan Alex setara dengan anak berusia lima tahun, ia dapat mengidentifikasi objek, angka, warna dan bentuk, membedakan antara ukuran yang sama dan berbeda. Alex telah menguasai 150 kata, dan telah menggunakannya dengan benar: misalnya, untuk mengatakan "maaf" karena membuat kesalahan. Ketika dia lelah, dia berkata, " Saya ingin kembali", dan Ketika berpisah dengan pemiliknya, dia akan bertanya," Maukah kamu kembali besok?" .
Alex dapat berbicara sebentar-sebentar dengan orang-orang seolah-olah dia adalah anak berusia dua tahun, dan dia bahkan telah menjadi guru burung bagi burung beo lainnya, Alex mendisiplinkan burung beo yang lain dengan berkata: "kamu bisa melakukan lebih baik dari itu!"
Menurut Pepperberg, " dari sudut pandang ilmiah, Alex memberi tahu kita bahwa kemampuan burung beo untuk berpikir jauh lebih dekat dengan manusia daripada yang kita ketahui"
Sebagian besar ilmuwan telah lama percaya bahwa kemampuan berpikir kognitif adalah hal yang unik untuk mamalia seperti primata. Pepperberg, bagaimanapun ia percaya bahwa kemampuan ini juga terbukti pada burung, terlepas dari kenyataan bahwa otak mereka hanya seukuran kenari.
Selain itu, burung beo merupakan hewan cerdas, pandai belajar, dan dapat melakukan banyak pertunjukan baru, dan menarik setelah adannya pelatihan, dan ini merupakan "seniman pertunjukan" burung langka di berbagai sirkus, taman dan Kebun binatang, sehingga tidak salah apabilah burung beo telah dicintai oleh banyak orang.
Mereka dapat mempelajari berbagai keterampilan seperti: mengendarai sepeda, menarik mobil, jatuh dan sebagainya. Burung beo terkait erat dengan perkembangan peradaban manusia, dan mereka juga merupakan sahabat, serta teman terbaik manusia. Selama periode domestikasi yang panjang, burung beo telah membawa banyak kegembiraan bagi orang-orang, dan bahkan telah membantu sebagian orang menyembuhkan penyakit.
Orang-orang menyukai burung beo yang indah ini dapat pergi ke pasar burung, dan Kebun binatang untuk melihat burung yang telah dijinakkan, dan yang telah dibesarkan di penangkaran. Setiap orang memiliki tanggung jawab untuk tidak dengan sembarangan memperjual belikan burung beo, menangkap burung beo liar yang kemudian dijual dipenjual burung beo dipasar. Ini telah didokumentasikan di surat kabar bahwa tingkat kelangsungan hidup pada burung beo, sejak burung beo liar yang ditangkap, dikembalikan, dijual memasuki pasar, dan dijinakkan di penangkaran adalah 17:1.
Jika suatu saat burung beo ini punah, maka ini tentu akan menjadi kesedihan mendalam bagi banyak orang!