Mawar Cina
Mawar Cina adalah tanaman yang sangat indah, dan memiliki status tinggi di antara bunga hias lainnya, dikenal sebagai ratu bunga. Muncul dalam berbagai macam warna. Jenis bunga ini dapat berbunga di semua musim, memiliki ukuran bunga yang cukup besar, dan memiliki aroma yang kuat.
Mawar cian memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, selain digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik lingkungan rumah, bunga cina juga dapat dimakan, dan dapat dijadikan sebagai bahan obat. Mawar Cina dapat disarankan untuk ditanam dalam pot besar, tanah yang digunakan harus dikeringkan dengan baik, berventilasi, dan dicampur dengan berbagai nutrisi, seperti tanah kebun, tanah berdaun, dan campuran dengan proporsi yang sesuai. Setiap tahun sekitar musim dingin, pot harus dibalik dengan benar, akar dipangkas, dan tanah sebaiknya diganti dengan yang baru. Untuk diameter pot akan meningkat dari tahun ke tahun, maka gunakan pot liat sebagai pilihan wadahnya.
Pemangkasan adalah hal penting dalam pemeliharaan mawar cina.
1. Kita harus memotong semua cabang tipis dan lemah.
2. Kita harus memotong cabang yang tidak mampu berbunga dan berubah bentuk. Dengan memotong cabang yang paling lemah, dan sisakan cabang yang lebih kuat. Ini akan membantu mendorong lebih banyak bunga mekar, dan lebih banyak tunas muncul.
Mawar cina membutuhkan banyak cahaya setiap hari, setidaknya memerlukan pencahayaan 6 jam dalam sehari, jika tidak, mereka hanya akan menumbuhkan daun tetapi tidak untuk bunganya, dan bahkan jika mereka menghasilkan tunas, bunganya tidak akan berwarna-warni atau tidak memiliki aroma yang harum. Mawar Cina lebih menyukai iklim yang sejuk, hangat, dengan suhu yang sesuai antara sekitar 18-28 derajat. Di musim panas, ketika suhu secara naik di atas 30 derajat, maka harus dilakukan pemindahan pot ke lingkungan dengan suhu yang lebih dingin.
Lingkungan yang berventilasi baik akan membantu menjaga bunga tetap kuat, dan mengurangi resiko timbulnya terserang hama, dan penyakit. Penyiraman mawar cina juga harus dilakukan sesuai dengan prinsip "melihat kelembapan dari tanaman". Mawar cina takut banjir, dan tidak boleh disiram air secara berlebihan dalam pot. Anda harus menyiram sekali sehari di pagi hari, dan sekali di malam hari, serta hindari paparan sinar matahari secara langsung.
Pemberian pupuk pada mawar cina akan membuat mereka dibuahi dengan baik, sehingga mereka akan menghasilkan lebih banyak cabang, lebih banyak tunas, dan lebih banyak bunga. Waktu terbaik untuk menyuburkan mawar cina Anda adalah pada musim semi, kedua kalinya di bulan April-Juni, dan ketiga kalinya di bulan Oktober-November. Mawar cina dapat dibuahi dengan pupuk, atau dengan lebih banyak bahan fosfat dan kalium.
Jadi apa saja varietas mawar cina?
1. Scarlet Fan. Ketika datang ke varietas mawar cina, kita harus memperkenalkan kipas merah, dengan warnanya yang hijau, daun mengkilap, cabang, daun, dan duri yang berwarna merah ketika muda, dan terlihat sangat indah. Kipas merah sangat mudah tumbuh, sebagian besar tanamannya tumbuh dengan posisi tegak, dan cabangnya sangat kokoh, juga mudah bertunas, tidak mudah terserang oleh hama dan penyakit, serta yang terpenting adalah tanaman jenis ini banyak berbunga, jadi sangat cocok untuk tanaman pot, bonsai, dll.
2. Krim Lobelia. Banyak orang ingin menanam mawar cina, tetapi ukuran tanaman ini terlalu tinggi dan tumbuh terlalu cepat. Tidak demikian halnya dengan Krim Rondelle, yang merupakan miniatur mawar cina dengan ukuran tanaman yang relatif kecil. Dengan bunga berwarna kuning, dan periode berbunga cukup panjang. Bunga cina jenis ini akan sangat cocok sebagai tanaman hias dirumah Anda.
3. Golden Phoenix. Phoenix emas juga memiliki bunga-bunga indah berwarna kuning keemasan, dan terlihat tampak sangat mewah dengan warna emasnya. Daun Phoenix emas berwarna hijau tua, dan mengkilap. Tanaman ini sangat kokoh, tumbuh ke atas, dan sangat bercabang, sehingga bunganya sangat melimpah. Sebagian besar dari semua bunga Phoenix emas terbuka dengan posisi ke atas dan tidak terkulai lemah kebawah, dan mereka memiliki periode berbunga yang panjang.
Mawar cina adalah tanaman ukuran besar yang dapat ditanam dalam pot besar, atau jika mungkin, di lingkungan bertanah. Pot harus disiram setelah tanam, tetapi penyiraman bisa dilakukan dua kali sehari. Mawar cina akan sangat membutuhkan banyak air selama periode berbunga. Setelah tanaman mawar berbunga, maka tanaman harus ditempatkan di area yang cukup terang dengan banyak cahaya, dengan begitu mawar cina dapat bertumbuh dengan baik, dan indah.