Piano
Dengan perkembangan ekonomi, popularitas piano semakin meningkat, dan piano telah menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan dalam kehidupan masyarakat saat ini.
Orang-orang menggunakan piano di waktu senggang mereka untuk menghilangkan sejenak stres hidup, maupun untuk meningkatkan minat mereka dalam bermain musik, kegiatan ini selalu tidak dapat dipisahkan dari piano, jadi terdapat berbagai macam jenis piano. Lalu, apakah Anda benar-benar tahu sejarah, dan apa saja jenis piano?
Piano adalah instrumen keyboard yang menggunakan kunci untuk menarik palu untuk menyerang string. Sejak akhir abad ke-18, piano telah menjadi instrumen keyboard domestik yang dominan di Eropa dan Amerika Serikat. Piano berasal dari Eropa pada akhir abad ke-17 ketika Cristofori Italia menemukan instrumen keyboard yang mirip dengan piano modern. Sudah ada selama lebih dari 300 tahun.
Piano telah menjadi " raja " dari keluarga alat musik karena perkembangan peradaban spiritual dan teknologi manusia. Munculnya piano sebagai alat musik adalah hasil dari kebutuhan kehidupan sosial manusia, dan perkembangan piano mencerminkan dari satu sisi keadaan yang berkembang dari kehidupan spiritual masyarakat manusia.
Sebagai dasar material, piano menyediakan kondisi untuk penciptaan musisi, yang pada gilirannya menciptakan, dan mengembangkan budaya piano yang memfasilitasi pematangan lebih lanjut dari fungsi struktural piano. Piano adalah bagian yang tidak terpisahkan dari budaya, jadi penting bagi seorang musisi untuk memahami piano, dan mengetahui sejarah dari piano itu sendiri.
Piano dapat dibagi menjadi grand piano, piano tegak, dan piano listrik sesuai dengan bentuknya. Grand piano, juga dikenal sebagai piano horizontal, ialah jenis piano yang digunakan oleh para profesional untuk pertunjukan besar. Piano tegak dirancang dengan skema string terhuyung-huyung yang menghemat tinggi dan ketebalan, relatif lebih murah, dan merupakan piano bagi banyak pemula, maka jenis ini dinamakan family piano, atau piano keluarga.
Mengambil lebih sedikit ruang dan menjadi lebih murah, piano tegak sering menjadi pilihan pertama bagi pecinta piano, dan para pemula piano. Bagi mereka yang tidak memiliki piano di rumah, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah grand piano, karena muncul dalam proporsi pertunjukan yang lebih besar. Grand Piano juga dikenal sebagai piano horizontal, dan sebagian besar digunakan untuk pertunjukan profesional dalam acara pertunjukan panggung.
Menurut gaya suaranya, piano dibagi menjadi piano klasik dan jazz. Kualitas suara piano klasik selalu mencari gagasan keseimbangan antara nada suara, memberikan pendengar rasa yang jelas tentang keadaan di mana musik sedang dibawakan. Piano klasik mencari keseimbangan antara bagian-bagian sehingga pendengar tahu persis apa yang akan terjadi selanjutnya ketika mendengarkan musik.
Piano jazz adalah piano tingkat kinerja khusus, yang dirancang untuk musisi profesional untuk memainkan musik jazz. Piano jazz ditandai dengan nuansa yang berat dan bass yang penuh dan kaya. Nada tinggi yang tembus cahaya, dan midrange lembut dan alami, membutuhkan suara stereo yang kuat. Piano jazz lebih sering digunakan di studio rekaman profesional.
Saat akan membeli alat musik piano, disarankan Anda untuk mengetahui terlebih dahulu kebutuhan, serta keinginan dari pemain, agar dapat memilih piano terbaik sesuai dengan harapan, dan kebutuhan.