Fakta Unik Kucing
Selain memiliki tingkah yang menggemaskan, kucing merupakan mamalia yang kerap menjadi hewan peliharaan banyak keluarga di dunia.
Kucing adalah hewan penuh teka-teki yang telah memikat hati manusia selama ribuan tahun. Kepribadian misterius dan penampilannya yang menggemaskan telah menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan yang sangat populer. Bahkan beberapa orang meyakini kucing merupakan salah satu hewan yang dapat meredakan stres ataupun mengurangi ketegangan sehabis melakukan pekerjaan. Kira-kira apa saja fakta unik tentang kucing? Yuk simak ulasannya!
• Kucing telah berteman dengan manusia sejak 6000 tahun sebelum Masehi
Tahukah kamu bahwa kucing telah berbaur dan berteman dengan kita lebih dari 6000 tahun SM? Mengutip dari nbcnews, hal ini telah diteleti dan dibuktikan dari kerangka kucing yang di temukan di Pulau Siprus pada masa Mesir kuno. Tak heran kita saat ini bisa merasa akrab dengan kucing karena nenek moyang kita pun ternyata sudah menyukai kucing sejak dulu.
• Kucing memiliki kemampuan nightvision
Kucing memang tidak bisa melihat di dalam gelap gulita tanpa kehadiran cahaya sama sekali. Akan tetapi, kucing tetap mampu meliat secara baik di dalam kondisi yang sangat kurang cahaya. Kucing menghabiskan 70 persen hidupnya untuk tidur Jika kamu mengira kucing menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk tidur, kamu benar. Menurut Veterinary Hub, kucing sebenarnya menghabiskan 70 persen hidupnya untuk tidur, sekitar 13-16 jam sehari. Itulah kehidupan kucing.
• Memiliki Gen 95,6% Sama dengan Harimau
Kucing yang senang mengendus, mengintai, dan menerkam mangsanya ternyata memiliki gen 95,6% dengan harimau. Hal tersebut membuat perilaku kucing kurang lebih sama dengan harimau.
• Kucing Tertua di Dunia Hidup Selama 38 Tahun
Kucing sebagai mamalia crepuscular memiliki rata-rata umur antara 12-15 tahun. Seekor kucing di Austin, Texas, Amerika Serikat dinobatkan sebagai kucing tertua di dunia yang hidup dengan umur 38 tahun lebih 3 hari. Kucing bernama Creme Puff ini tercatat di Guinnes World Records (GWR) hidup sejak tahun 1967 sampai 2005. Pemiliknya pasti merawat Creme Puff dengan sangat baik, ya.
• Satu-satunya hewan yang bisa mendengkur alias ngorok saat tidur
Menurut situs worldsbestcatlitter, beberapa kucing memang secara alami bisa mendengkur saat tidur. Suara dengkuran kucing adalah suara yang banyak disukai oleh para cat lovers. Menariknya, kucing adalah satu-satunya hewan yang dapat mengeluarkan suara dengkuran ini. Karena suara dengkuran tersebut bukan suara vokal, kucing akhirnya bisa mengeong dan mendengkur di saat yang bersamaan. Rekor kucing terpanjang yang pernah ada adalah 48,5 inci Kucing domestik biasanya dianggap sebagai makhluk yang sangat kecil dan mungil. Tapi tahukah kamu bahwa kucing terpanjang di dunia adalah Maine Coon bernama Stewie, dan berukuran 48,5 inci. Padahal, rekor kucing tertinggi adalah milik Arcturus dengan tinggi 19,05 inci. Mereka adalah beberapa kucing besar.
• Kucing terkaya di dunia memiliki 7 juta poundsterling
Kucing terkaya di dunia menurut Guinness World Records adalah Blackie. Ketika pemiliknya yang seorang jutawan meninggal, pemilik Blackie menolak untuk mengakui keluarganya dalam wasiatnya. Dan sebaliknya, sang pemiliki memberikan kekayaan 7 juta poundsterling kepada Blackie. Mungkin kamu tidak dapat mempercayai fakta kucing yang menarik satu ini benar-benar terjadi, tapi ini benar adanya.
• Dapat Merasakan Emosi Manusia
Percaya atau tidak, kucing dewasa dapat merasakan emosi manusia terlebih pemiliknya. Binatang berbulu yang satu ini dapat memahami emosi manusia, seperti sedih, senang, dan marah. Biasanya kucing akan menghampiri dan berusaha menghiburmu saat sedih. Bahkan, beberapa kucing peliharaan akan berperilaku seperti bodyguard untuk melindungi kamu. Tak heran jika kamu menemui kisah unik dan mengharukan yang terjalin antara kucing dengan manusia.
• Kucing Perlu Vaksinasi
Menjaga kesehatan kucing menjadi hal wajib yang perlu diperhatikan. Pemilik kucing memiliki tanggung jawab untuk melakukan vaksinasi setiap tahunnya. Vaksinasi yang perlu dilakukan terbagi menjadi dua jenis, yakni vaksin umum dan vaksin khusus. Untuk mencegah wabah distemper atau panleukopenia, parvo, dan infeksi saluran pernapasan, sebagai pemilik kucing wajib melakukan vaksin umum. Sementara vaksin khusus diberikan untuk menghindari bahaya rabies.
Kucing rumahan dapat mencapai kecepatan hingga 30mph Kamh tahu bahwa kucing itu cukup cepat, tetapi kamu tidak akan memercayai fakta kucing ini. Mereka bisa mencapai kecepatan sekitar 30mph yang sangat cepat sehingga mereka bisa mengalahkan Usain Bolt dalam lari 200 meter.
Itulah beberapa fakta unik kucing. Semoga bermanfaat!