Mengenal Hoki Es
Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai olahraga hoki es. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Hoki Es? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.
Pengertian Hoki (Hockey)
Hoki (Hockey) merupakan suatu olahraga yang terdiri atas dua tim yang bertarung satu sama lain, dengan mengadu teknik manuver bola ke gawang lawan dengan menggunakan sebuah tongkat bengkok (Stick). Olaharaga hoki dapat dimainkan oleh pria maupun wanita yang tergabung dalam 11 orang dalam satu tim. Pemenangnya dapat ditentukan dari diperolehan tim mana yang memperoleh gol terbanyak.
Sejarah Hoki (Hockey)
Olahraga permainan Hockey terdapat dua sumber asal-usul, yakni Persia Kuno dan Mesir Kuno. Telah dapat diketahui bahwa hoki merupakan suatu permainan yang dapat dimainkan antara dua regu yang setiap pemainnya akan memegang sebuah tongkat bengkok yang disebut dengan stick untuk dapat menggerakkan sebuah bola.
Pada tahun 1800 sebuah almanak mencatat adanya permainan ini dan namanya pun sudah hockey. Mungkin berasal dari kata hook (bagian bengkok stick). Kemudian, di tahun 1886 terbentuk suatu induk organisasi hoki pertama, yaitu di England, English Hockey Association. Yang akhirnya pada sekitar tahun 1890 hoki menyebar dan terkanal ke daratan Eropa. Tiap Negara akan menyusun peraturan permainan nasionalnya sendiri, walaupun intinya dapat diambil dari peraturan permainan IHB tersebut.
Semula para kolonis yang gemar memainkan olahraga hoki akan mendirikan klub dan selanjutnya hoki berkembang secara luas dan khusus di kalangan bangsa Belanda dan Eropa, serta segelintir bangsa sendiri yang beruntung diperkenankan untuk ikut dalam organisasi hoki. Kemudian, olahraga hoki diajarkan di SMA yang memiliki banyak murid Belandanya (CAS, LYCEUM). Pada masa 1950 – 1955, olahraga hoki mengalami puncak kepopuleran hoki di negara Indonesia, dapat dilihat dari jumlah penggemar dan jumlah lapangan hokinya.
Olahraga hoki pada saat itu mulai diperkenalkan dan diajarkan di SMA yang banyak di tempati siswa Indonesia, yakni persemaian bibit bagi perkemnbangan klub hoki. Selain itu karena hoki sudah mulai terkenal dan harga alat hoki terjangkau murah dikalangan para pelajar, umumnya pemain hoki yang sudah main membeli stik sendiri, disamping disediakanyalah sejumlah stik oleh para klub untuk anggota yang baru mulai belajar olahraga hoki.
Hoki berkembang sangat cepat di perguruan tinggi karena murid tamatan SMU, tempat hoki dimainkan, melanjutkan memperkenalkan kegemaran sebagai mahasiswa di perguruan tinggi di masing-masing, dan peralatannya pun disediakan.
Pada tahun 1939, kebangkitan olahraga hoki kembali atas prakarsa iskandar simanjuntak yang akan mendirikan perkumpulan hoki andalas di kota Medan, dimana memiliki anggota yang terdiri dari guru- guru dan siswa mulo Joshua Institut Medan.
Seiring dengan adanya proklamasi kemerdekaan republik indonesia, pada tahun 1945 organisasi olahraga hoki pun diperkenalkan dan diresmikan di atas prakarsa tokoh olahraga yang bernama yusuf ismail, padmo, sumasto, s. Asikin, yang telah mendirikan induk organisasi hoki di indonesia dengan nama persatuan hoki seluruh indonesia yang dapat disingkat dengan PHSI.
Jenis-Jenis Hoki (Hockey)
Jenis olahraga hoki sendiri dikelompokkan menjadi 3 jenis berdasarkan tempat bermain, yaitu Hoki Lapangan (Field Hockey), Hoki Ruangan (Indoor Hockey) dan Hoki Es (Ice Hockey), saat ini paling digemari adalah hoki es.
Hoki es adalah suatu olahraga yang dimainkan di atas es. Olahraga ini biasanya berlangsung di dalam gim. Federasi olahraga ini ialah Federasi Hoki Es Internasional. Amerika Serikat, Kanada, Ceko, Finlandia, Rusia, Slowakia, dan Swedia masuk posisi 1, 2, dan 3. Bentuk permainan di olahraga ini hampir sama dengan sepak bola. Permainan ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan alat pemukul (stick) dan bola.
Hockey dalam ruangan dapat dimainkan oleh 11 orang termasuk 1 penjaga gawang dari 2 tim dengan menggunakan lapangan es dengan ketentuan luas lapangan 60 yard x 100 yard, dimana hoki es ini ebih banyak dimainkan di benua Amerika dan Eropa.
Demikianlah pembahasan mengenai Olahraga Hoki Es. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.