Manfaat Buah Ceri
Buah ceri merupakan tanaman berbiji yang berasal dari belahan utara dan tumbuh subur di iklim hangat. Buah yang biasanya digunakan untuk hiasan kue ini memang mempunyai harga yang tergolong mahal namun tingkat permintaan buah ini masih tinggi.
Buah yang berwarna merah merah ketika sudah masak ini ternyata mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.Buah ceri mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat seperti anti oksidan, vitamin A, vitamin C, mineral, anthocyanin, dan lain-lain. Ceri juga dikenal sebagai buah yang istimewa karena mengandung anthocyanin, yakni salah satu sumber zat yang berkhasiat untuk mengatur detak jantung seseorang serta menjaga waktu tidur.
Manfaat Buah Ceri
1.Anti Inflamasi
Ceri memang dikenal sebagai anti-inflamasi yang kuat. Karena kandungan anthocyanin dalam buah ceri dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.
2.Artritis
Menurut Arthritis Foundation, minum jus ceri tiga kali dalam sehari dapat menyembuhkan radang sendi. Sekali lagi, hal ini disebabkan oleh efek anti-inflamasi dalam buah ceri.
3.Kesehatan Jantung
Sebuah penelitian di University of Michigan menemukan bahwa mengkonsumsi buah ceri dapat mengurangi semua risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, lemak tubuh dan kolesterol.
4.Anti Kanker
Para peneliti telah menemukan bahwa antioksidan yang sangat tinggi, yang disebut cyanidin, dalam buah ceri sangat efektif melawan kanker.
5.Meningkatkan Daya Ingat
Buah Ceri mengandung senyawa anthocyanin, yang sangat baik untuk otak dan secara signifikan dapat meningkatkan daya ingat.
6.Kandungan Beta Karoten
Ceri memiliki kandungan beta-karoten tertinggi, yaitu 19 kali lebih tinggi dari blueberry atau stroberi.
7.Obat Tidur Alami
Buah Ceri mengandung melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur tubuh. Karena itu, makan buah ceri dapat meningkatkan siklus tidur yang baik. Ini akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat.
8.Menurunkan Gula Darah
Di dalam buah ceri, ada antioksidan tingkat tinggi dalam insulin yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Anda bisa makan ceri sesering mungkin untuk menjaga kadar gula tetap terkendali jika Anda makan berlebihan.
9.Mencegah Asam Urat
Antioksidan dalam ceri juga dapat membantu mencegah asam urat selain menurunkan kadar gula darah. Anda juga bisa mengubah buah ceri menjadi jus untuk membuatnya lebih lezat saat dikonsumsi. Asam urat dapat mengkristal pada persendian dan pada pasien yang sangat nyeri. Ceri mengandung antioksidan yang tinggi anti inflamasi yang disebut anthocyanin. Ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat.
Cara Tepat Mengonsumsi Ceri
Bagian dari ceri yang biasa dikonsumsi adalah bagian daging dan kulit buahnya. Sebelum anda mengonsumsi, tidak perlu mengupas kulitnya terlebih dahulu. Artinya, pada bagian kulit ceri sebaiknya ikut dimakan agar dapat memperoleh khasiat ceri secara optimal. Ceri dapat dikonsumsi segar secar langsung atau dijadikan sebagai produk olahan dan berbagai hiasan makanan atau minuman.
Ceri yang telah matang sempurna tersebut memiliki kandungan antioksidan lebih optimal jika dibandingkan dengan ceri yang masih muda. Konsumsi 280 gram ceri yang terdapat di setiap hari, dapat dipercaya mampu dalam memberikan efek kesehatan bagi tubuh.
Ceri segar harus dikonsumsi dalam 2-4 hari. Selebihnya dari itu, simpan dalam lemari pendingin. Penyimpanan ceri sebaiknya dengan menggunakan wadah plastik yang tertutup rapat. Jangan mencuci buah ceri yang mana terlebih dahulu saat hendak disimpan. Pencucian sebelum penyimpanan justru dapat merubah tesktur ceri menjadi lembek dan berjamur. Sebaiknya, cuci buah ceri terlebih dahulu apabila ingin langsung dikonsumsi.
Jika Anda menyukai artikel ini, silakan teruskan ke teman Anda!