Resep Jus Sehat
Beberapa anak dikenal membenci sayur-sayuran, namun mereka menyukai buah-buahan. Kemudian pertanyaannya adalah, bagaimana Mama dapat memberikan nutrisi ke tubuh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan?
Yup, salah satunya bisa melalui jus sayur dan buah. Beberapa kombinasi sayur dan buah bisa menghasilkan cita rasa yang disukai anak, dan tentunya anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.
Manfaat Jus Sehat bagi Tubuh
Pengolahan jus sehat biasanya menghilangkan sebagian besar materi padat, termasuk biji dan daging buah, baik dari buah atau sayuran. Meski begitu, cairan yang dihasilkan dari pengolahan buah atau sayur ini masih mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.
Berkat kandungan nutrisinya, ada beberapa manfaat jus sehat yang bisa Anda peroleh, di antaranya:
Melancarkan sistem pencernaan
Membantu menurunkan berat badan
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Meredakan peradangan
Aneka jus sehat buah dan sayur serta manfaatnya
Berikut ini adalah beberapa jenis jus sehat dari buah dan sayur yang dapat Anda konsumsi sehari-hari, beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
1. Jus tomat
Jus buah tomat diklaim mempunyai kandungan tinggi vitamin C serta antioksidan. Antioksidan dalam jus tomat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mendukung penyerapan zat besi.
Lalu, kandungan vitamin C dalam jus tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.
Ada juga kandungan likopen yang memberi warna merah. Dalam sebuah penelitian juga menyebutkan likopen bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
2. Jus jeruk
Jus jeruk termasuk jenis jus sehat yang paling umum dikonsumsi. Ini karena jeruk adalah sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit serta mengandung beberapa senyawa antioksidan penting. Sebagai contoh, asam sinamat, asam ferulat, dan asam klorogenat.
Sebuah studi menunjukkan bahwa minum jus jeruk setelah makan makanan tinggi lemak dan karbohidrat dapat mengurangi peradangan pada tubuh.
3. Jus wortel
Manfaat wortel berlimpah karena kaya dengan senyawa karotenoid, pigmen yang memiliki efek antioksidan untuk melawan kerusakan sel.
Senyawa karotenoid tersebut termasuk beta-karoten, likopen, alfa-karoten, dan lutein.
Berbagai studi menunjukkan, konsumsi makanan kaya dengan karotenoid seperti jus wortel, membantu menurunkan risiko penyakit mata degeneratif, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.
Selain itu, wortel juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin A, biotin, dan kalium.
Agar terasa segar, Anda bisa membuat kombinasi jus sehat dari buah dan sayur, seperti menambahkan jeruk, jahe, atau lemon.
4. Jus bayam
Sayur bayam mempunyai kandungan nutrisi, seperti vitamin A dan C. Konsumsi rutin jus sayur bayam bisa membantu memberikan molekul antioksidan, seperti kuersetin, kaempferol, dan lutein pada tubuh.
Jus sayur bayam ini juga diklaim baik untuk jantung, karena mengandung nitrat. Dalam penelitian, manfaat ini berkaitan dengan faktor risiko penyakit jantung, yaitu penurunan tekanan darah.
Semoga Anda menikmati artikel ini!