Ngarai Terindah Di Dunia
Ngarai merupakan salah satu kenampakan alam yang jarang orang perbincangkan. Namun, siapa sangka banyak ngarai-ngarai yang ada di dunia menyimpan berbagai macam keindahan pemandangan yang menakjubkan.
Beberapa dari mereka sering dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia, namun ada juga yang masih belum terjamah hingga saat ini. Berikut 6 ngarai paling memukau di dunia. Siap-siap dibuat jatuh hati dengan pemandangannya.
- Antelope Canyon, Amerika Serikat
Antelope Canyon mungkin merupakan ngarai yang paling banyak dikunjungi dan paling banyak difoto dari semua ngarai yang luar biasa di dunia. Ngarai ini terkenal karena bebatuan berbentuk uniknya yang pola mengalir dalam warna yang indah.
Terletak di barat daya Amerika, Antelope Canyon dibentuk oleh erosi Batupasir Navajo, banjir bandang, dan proses sub-aerial. Berkat keindahannya yang menakjubkan, ngarai ini selalu menjadi tempat favorit bag wisatawan dan fotografer untuk mengambil foto yang menakjubkan.
- Ngarai Sianok, Indonesia
Ngarai pertama yang termasuk dalam ngarai terindah di dunia berada di Indonesia, yaitu Ngarai Sianok. Terletak di pinggiran kota bukit Bukittinggi di dataran tinggi Minangkabau, ngarai ini terlihat menakjubkan. Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam dengan pemandangan yang indah.
Lembah ini merupakan salah satu objek wisata potensial yang dimiliki oleh Provinsi Sumatra Barat. Terdapat dua dinding curam di ngarai ini. Keduanya saling berhadapan dan hampir vertikal. Di bawahnya terdapat sungai berkelok-kelok di antara hijaunya persawahan. Tinggi ngarai ini sekitar 100 – 120 meter dan panjangnya sekitar 15 km.
Tebing inilah yang memisahkan kota Bukittinggi dari Kota Gadang yang berada di sisi berlawanan. Dari Taman Panorama di Bukittinggi, pengunjung sudah bisa melihat keindahan Ngarai Sianok. Keindahan ngarai ini bisa juga disaksikan dengan berjalan kaki menuruni tebing. Di dasar ngarai terdapat bunker Jepang yang dibangun ketika masa Perang Dunia II.
- Indus Gorge, Pakistan
Indus Gorge merupakan ngarai cantik yang berasal dari Pakistan. Ngarai ini sendiri terdapat aliran sungai, yakni Sungai Indus. Sungai Indus menjadi salah satu sungai besar di Asia dan sungai terpenting di Pakistan.
Tidak heran, kalau ngarai ini menjadi salah satu kawasan bermukim bagi sejumlah warga. Meski memiliki kondisi geografis menanjak, tak menghalangi para warga yang bermukim di sana untuk beraktivitas sehari-hari.
- Kali Gandaki Gorge, Nepal
Kali Gandaki Gorge di Nepal adalah salah satu ngarai terindah di dunia yang dibentuk oleh Kali Gandaki atau Sungai Gandaki di Himalaya. Ngarai ini juga merupakan salah satu ngarai paling dalam di dunia.
Kali Gandaki Gorge sendiri adalah jalur perdagangan antara India dan Nepal. Selain dikenal dengan keindahannya, ngarai ini juga dikenal dengan fosil shaligram
yang terdapat di sana.
- Grand Canyon, Amerika Serikat
Meski Grand canyon bukan ngarai yang terbesar maupun terdalam di dunia, tapi tak ada ngarai lain yang setenar Grand Canyon di dunia ini. Ngarai ini dianggap sebagai satu dari tujuh keajaiban alam di Bumi. Ngarai dengan sisi curam yang menakjubkan yang terletak di Negara Bagian Arizona AS ini panjangnya sekitar ada 277 mil dengan lebar 18 mil dan kedalaman lebih dari 6000 kaki.
Diukir oleh Sungai Colorado selama jutaan tahun yang lalu, Grand Canyon merupakan salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan. Di dasar Grand Canyon terdapat batuan metamorf yang berusia kira-kira 2 miliar tahun. Di bagian atas ngarai ini juga terdapat batuan yang usianya lebih dari 230 juta tahun, karena itu Grand Canyon bisa mengungkapkan banyak hal mengenai sejarah Bumi.
Salah satu air terjun terindah di dunia, yaitu Air terjun Havasupai, berada ngarai ini. Air terjun yang dikelilingi oleh tebing warna-warni ini memiliki air berwarna biru yang mencolok. Kolam renang yang berada di kaki bukit Havasupai juga cocok untuk berenang.
Di bagian barat ngarai terdapat Grand Canyon Skywalk, yaitu jembatan kantilever, yang menawarkan panorama yang luar biasa. Posisinya berada 720 kaki di atas lantai ngarai. Grand Canyon juga adalah salah satu tujuan untuk hiking terbaik di Arizona.
- Ngarai Fjaðrárgljúfur, Islandia
Fjaðrárgljúfur berada di tenggara Islandia merupakan salah satu ngarai terindah di dunia. Ngarai ini mempunyai kedalaman yang mencapai 100 meter dengan panjang sekitar 2 kilometer.
Sungai Fjaðrá mengalir melalui ngarai yang tercipta oleh erosi progresif yang disebabkan oleh air dari gletser yang mengalir memotong bebatuan dan palagonit selama ribuan tahun. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan indah ini.
Ciptaan Tuhan memang selalu memukau, salah satunya adalah ngarai. Seperti halnya sungai, gunung, pantai, air terjun, dan fitur alam lainnya, ngarai-ngarai terindah di dunia ini juga merupakan objek wisata yang cukup terkenal.
Kalau kamu penggemar fotografi atau wisata alam, mengunjungi ngarai-ngarai terindah di dunia ini pastinya akan sangat kamu sukai. Mau berkunjung ke ngarai yang mana?