Taman Hutan Raya
Di dalam taman hutan raya terdapat flora dan fauna yang tumbuh dan berkembang dengan baik serta khas dari daerahnya masing masing. Selain digunakan sebagai kawasan konservasi hutan, taman hutan raya ini juga memiliki beberapa manfaat diantaranya.
Yaitu sebagai pengembangan ilmu pengetahuan, penelitian, sarana edukasi, observasi dan tempat wisata.
- Taman Hutan Raya Mohammad Hatta
Taman hutan raya ini terletak di daerah Padang, Sumatra Barat dan memiliki luas taman sekitar 21.100 hektar. Taman raya mohammad hatta ini ditetapkan sejak tanggal 27 Maret tahun 1993.
Bentuk bentang alam dari taman hutan raya mohammad hatta ini memiliki bentuk yang bergelombang dan curam. Di dalam taman hutan raya ini ditumbuhi berbagai jenis dari tanaman tropis yang asli dan ratusan binatang khas Pulau Sumatra.
- Taman Hutan Raya Palasari
Taman hutan raya palasari ini terletak di daerah Sumedang, Jawa Barat. Taman ini sudah ditetapkan sejak tanggal 10 Agustus 2004 dan memiliki luas taman yaitu 35 hektar.
- Taman Hutan Raya Bukit Barisan
Taman hutan ini berada di daerah Sumatra Utara, tepatnya di kecamatan Berastagi, kabupaten Karo. Taman hutan raya bukit barisan memiliki luas taman yang sangat luas yaitu 51.600 hektar. Taman hutan raya ini ditetapkan pada tahun 1988, tepatnya pada tanggal 29 November.
Di dalam taman hutan raya bukit barisan terdapat beberapa jenis kayu-kayuan hutan tropis yang memiliki usia diatas 60 tahun. Selain itu juga terdapat berbagai spesies kupu-kupu langka. Ada juga gajah yang dimanfaatkan sebagai transportasi bagi para wisatawan untuk mengelilingi taman hutan.
- Taman Hutan Raya R. Suryo
Taman hutan raya ini letaknya berada di daerah Mojokerto, Jawa Timur dan memiliki luas lahan mencapai 27.868,30 hektar. Taman hutan raya ini sudah ditetapkan sejak tanggal 19 Mei tahun 2001.
Taman hutan raya ini dikelola oleh Unit Pelayanan Teknis di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.
- Taman Hutan Raya Cut Nyak Dien
Taman hutan raya ini terdapat di daerah kabupaten Aceh Bear dan Pidie, NAD dan memiliki luas taman sekitar 6300 hektar. Taman hutan raya ini ditetapkan sejak tanggal 15 Maret 2001.
Di dalam taman hutan raya ini terdapat berbagai jenis flora yang didominasi oleh pinus dan akasia. Selain itu juga ada berbagai jenis dari fauna seperti rusa, babi, kera ekor panjang dan lainnya.
- Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim
Taman hutan raya ini berada di daerah kabupaten Siak, Riau dan memiliki luas sekitar 6.172 hektar. Taman ini sudah ditetapkan oleh pemerintah sejak tanggal 26 Mei tahun 1999. Berbagai fasilitas umum tersedia di taman hutan raya ini.
Tercatat sekitar 127 jenis flora yang tumbuh dan berkembang di dalam taman hutan raya ini. Selain itu juga memiliki berbagai jenis fauna yang cukup tinggi. Di sana juga terdapat pusat pelatihan gajah yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda gunung.
- Taman Hutan Raya Thaha Syaifudin
Taman hutan raya ini sudah ditetapkan sejak tanggal 15 Maret 2001 dan terletak di daerah kabupaten Batang, Jambi. Luas dari taman hutan raya ini sekitar 15830 hektar. Di taman hutan raya ini memiliki fungsi utama yaitu pelestarian kayu bulian yang merupakan salah satu jenis kayu unggulan dari daerah Jambi.
Terdapat juga berbagai jenis dari flora dan fauna di dalamnya. Flora di taman hutan ini seperti pohon bulian atau ulin, bambu betung dan lainnya. Sedangka
faunanya seperti harimau Sumatra, kancil, beruang madu dan lainnya.
- Taman Hutan Raya Ir. Djuanda
Taman hutan raya ini letaknya berada di daerah kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat dan dekat sekali dengan pusat kota. Taman hutan ini memiliki luas lahan sekitar 590 hektar. Taman hutan raya ini sudah ditetapkan sejak tanggal 14 Januari tahun 1995.
Di dalam taman hutan raya djuanda terdapat berbagai macam jenis dari flora dan fauna. Selain itu banyak objek wisata yang berada di dalam kawasan taman hutan ini. Jadi jika masyarakat berlibur ke taman hutan djuanda bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna serta berekreasi.
- Taman Hutan Raya Gunung Bunder
Taman hutan raya ini terletak didaerah kecamata Playen, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Taman hutan ini memiliki luas lahan taman sekitar 617 hektar. Taman hutan raya ini sudah diresmikan sejak tanggal 28 September 2004.
Taman hutan raya gunung bunder ini dibagi menjadi 3 zona yaitu zona pertama ada atraksi gajah, area bersepeda, kuliner gantung dan perkemahan. Zona kedua ada pusat penelitian, pusat indukan rusa. Terakhir zona ketiga ada penangkaran reptil, taman burung dan koleksi satwa.
- Taman Hutan Raya Ngargoyoso
Taman hutan raya ini letaknya berada di daerah Karanganyar, Jawa Tengah dan sudah ditetapkan sejak tanggal 15 Juli 2003. Taman ini memiliki luas lahan sekitar ada 231 hektar. Taman hutan raya ini sangat cocok untuk menunjang pendidikan, pariwisata dan rekreasi.
Ada lebih dari 34 jenis fauna yang terdapat di taman hutan ini. Di taman hutan ini juga terdapat taman Bougenvile dan merupakan tempat yang tepat untuk melakukan penelitian keanekaragaman tumbuhan yang ada di taman hutan ini.