Misterius Dan Cantik
Bagi kamu yang terbiasa hidup di kota besar, stargazing dapat dijadikan salah satu alternatif liburan yang menarik.Selain kabur dari kepenatan kota dan polusi, kamu bisa melihat rasi bintang yang menghiasi angkasa.
Mengamati gugusan bintang atau stargazing bisa jadi aktivitas liburan yang menyenangkan dan momen tak terlupakan. Sayangnya, polusi udara dan lampu kota membuat pengalaman melihat bintang kurang maksimal.
Waktu paling tepat untuk mengamati keindahan bintang di Indonesia adalah saat musim kemarau, yakni antara Maret hingga Oktober. Berikut beberapa lokasi stargazing di Indonesia yang bisa jadi rekomendasi liburanmu.
1. Gunung Bromo
Gunung berapi aktif dengan ketinggian 2,329 meter di atas permukaan laut ini merupakan salah satu destinasi populer di Jawa Timur. Akses ke lokasi pun cukup mudah, ditambah dengan fasilitas memadai untuk para wisawatan yang membuat aktivitas liburan di Bromo bukan menjadi hal yang merepotkan. Jika sudah pernah menikmati pemandangan sunrise dan sunset di Bromo, maka inilah saatnya untuk menikmati keindahan langit malamnya. Ada baiknya untuk berkemah dan menunggu waktu malam yang paling gelap, sehingga kamu bisa mendapatkan pemandangan terbaik dari gugusan bintang di sini.
2. Gunung Batur
Selain terkenal dengan destinasi wisata pantai, Bali juga mempunyai objek wisata pegunungan, salah satunya adalah Gunung Batur. Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif tertinggi kedua di Bali yang terkenal dengan kemegahan kaldera dan Danau Batur yang berbentuk bulan sabit.
Langit malam di Gunung Batur pun tidak kalah mengesankan, lokasinya yang cukup terpencil dari keramaian kehidupan malam Bali membuat tempat ini menjadi salah satu lokasi paling gelap di Pulau Dewata. Pengamatan bintang terbaik juga dapat dilakukan ketika perayaan Nyepi, dimana Bali menjadi pulau tanpa cahaya. Jika tidak ingin repot-repot berkemah, kamu bisa menyewa penginapan kecil di beberapa area untuk dijadikan basecamp. Seru, kan?
3. Gunung Prau
Tidak seterjal Gunung Bromo dan Gunung Batur, Gunung Prau menawarkan suasana yang lebih bersahabat. Selain karena rute pendakian yang pendek, kamu juga akan banyak menemui orang-orang yang berkemah di puncak gunung, khususnya pada hari Sabtu dan Minggu. Jadi, kamu tidak usah khawatir jika kamu takut untuk berkemah sendirian. Setelah puas menikmati bentangan bintang di atas Gunung Prau, keesokan harinya kamu akan disuguhi pemandangan golden sunrise yang menjadi favorit semua orang.
4. Desa Wae Rebo Nusa Tenggara Timur
Keindahan pemandangan jutaan bintang-bintang di langit yang bertaburan dapat Anda nikmati juga di Desa Wae Rebo Flores Nusa Tenggara Timur. Tempat ini memang dikelilingi oleh hutan dan pegunungan yang sejuk. Namun Keindahan bintang-bintang dilangitnya pun telah terkenal sampai dunia internasional. Bahkan banyak fotografer kelas dunia dari negara-negara lain yang berdatangan untuk mengabadikan secara langsung keindahan milky way yang ada di sini. Karena keindahan langit yang luar biasa ini, membuat Desa Wae Rebo mendapatkan julukan sebagai kampung di atas awan. Lokasi ini masih sangat minim penerangan listrik dari pemerintah, sehingga menjadikan keindahan bintang-bintang terlihat dengan sangat jelas.
5. Dataran Tinggi Dieng Wonosobo
Tempat ini sangat cocok dan tepat untuk melihat panorama langit malam yang penuh bintang-bintang. Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo memiliki banyak spot untuk melihat hamparan bintang di langit malam. Lokasinya yang berada di atas ketinggian ini ditambah dengan suhu yang dingin sangat mudah memperoleh sensasi indahnya langit pada malam hari. Misalnya di Komplek Candi Arjuna, Bukit Sidengkeng, Candi Setyaki, Gunung Prau, dan Bukit Sikunir. Waktu yang paling tepat untuk melihat pemandangan yang menakjubkan ini adalah pada bulan Mei hingga bulan Agustus. Waktu tersebut merupakan datangnya musim kemarau dimana langit sedang dalam keadaan yang cerah dan tidak berawan. Hamparan bintang di langit akan terlihat jelas mulai pukul 11 malam hingga 4 dini hari.
6. Tanjung Papuma Jember
Tanjung Papuma berada 45 km dari pusat Kota Jember Jawa Timur merupakan pantai yang sangat eksotis. Tempat ini memang salah satu tempat melihat bintang di malam hari yang cukup favorit. Tanjung Papuma memang jauh dari perkotaan sehingga sangat mungkin menawarkan keindahan langit bertaburan bintang yang sangat indah. dari pantai ini Anda bisa menyaksikan taburan bintan sambil ditemani suara deburan ombak dan heningnya malam.
Semoga Anda menikmati artikel ini!