Persiapan Sebelum Perjalanan
Untuk kita yang dalam waktu dekat akan melakukan perjalanan jauh, tentu banyak hal yang akan di persiapkan. Jangan sampai terlewat atau perjalanan jadi lebih nyaman.
Biasanya perjalanan jarak jauh ini akan membutuhkan waktu berjam-jam lamanya sehingga bisa saja membuat kita kelelahan. Maka dari itu, semua harus dipersiapkan sebaik mungkin supaya tidak ada kendala yang membuat perjalanan terhambat.
·Atur Rencana
Sebelum melakukan kegiatan liburan, perbanyak aktivitas olahraga. Pastikan anda membuat list rencana perjalanan berapa hari?
Disana nanti akan makan apa, pastikan anda memilihan makanan yang sehat, anda juga juga bisa mempelajari masakan lokal melalui internet.
·Bekal makanan dan minuman
Terdengar seperti anak-anak? Jangan salah, orang dewasa juga sama gelisahnya dengan anak-anak kalau lapar dan haus sudah menyerang, lho. Bukankah tak setiap saat kamu bisa mampir ke rumah makan atau minimarket?
·Tidur Yang Cukup
Sebelum melakukan perjalanan, setidaknya kamu harus menyimpan banyak energi. Tidur selama 7-8 jam dalam dua hari berturut-turut sebelum mulai melakukan perjalanan akan sangat membantu untuk bisa memulihkan tenaga. Jadi, saat perjalanan dimulai kamu akan merasa lebih segar dan pastinya tidak cepat lelah.
Kamu harus mempersiapkan kondisi tubuh dengan baik. Jangan sampai memilih berkendara saat habis beraktivitas berat yang akan membuat tubuh semakin lelah.
Jadinya tidak fokus selama berada di perjalanan.
·Persiapkan Obat-obatan Pribadi
Satu hal lagi yang penting tapi sering diabaikan lantaran merasa sudah sehat. Yakni mempersiapkan obat-obatan pribadi yang sekiranya dibutuhkan. Usahakan untuk membawa obat-obatan ringan seperti halnya obat anti mabuk, obat mencegah masuk angin, sampai dengan flu. Supaya nanti tidak kesusahan mencari toko.
·Uang tunai secukupnya
Jika kamu sudah terbiasa bertransaksi secara nontunai, dompetmu mungkin nyaris kosong dari lembaran uang. Hanya ada kartu debit dan kredit, juga dompet digital. Sayangnya, di daerah yang kamu kunjungi belum tentu familier dengan transaksi cashless.
Mayoritas orang masih menggunakan transaksi dengan uang kertas atau logam. Jangan sampai kamu kesulitan saat harus membeli sesuatu atau mengisi bahan bakar. Walau demikian, membawa terlalu banyak uang tunai juga tidak disarankan dengan alasan keamanan.
·Membawa Power Bank Cadangan
Saat perjalanan jarak jauh, pastinya akan terasa sangat membosankan jika tak ada hiburan.
Itulah kenapa membawa power bank cadangan ini sangat dibutuhkan. Sebab, jika baterai smartphone habis kamu jadi tak perlu bingung mau mengisinya di mana.
Di dalam kendaraan sendiri kadang tak ada tempat untuk mengisi daya, sehingga hal ini akan membuatmu kesulitan. Saat ini bahkan ada banyak jenis power bank mini yang bisa kamu bawa ke mana-mana.
Perjalanan ke luar kota memang tak boleh disepelekan.Persiapan yang baik bakal memperlancar perjalanan berangkat maupun pulangmu nanti. Hati-hati di jalan, ya!