Puncak Gunung Tertinggi
Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak kekayaan alam di dalamnya, salah satunya ialah pegunungan.
Tidak hanya kaya dengan laut dan pulau-pulaunya, Indonesia ternyata juga termasuk negara dengan jumlah gunung terbanyak. Setidaknya ada lebih dari 400 gunung yang terbentang di sepanjang wilayah Indonesia. 100 di antaranya bahkan merupakan gunung berapi yang masih aktif. Tak heran, kekayaan alam yang dimiliki Indonesia ini menjadi daya tarik pariwisata bagi para wisatawan dari berbagai negara di dunia. Setiap gunung di Indonesia pasti memiliki tantangan dan pesonanya masing-masing. Itulah sebabnya para pendaki biasanya tidak akan mudah merasa puas jika hanya berhasil menaklukan satu atau dua pegunungan saja. berikut adalah gunung tertinggi di Indonesia :
• Puncak Mandala – Papua
Gunung tertinggi kedua dalam daftar 10 gunung tertinggi di dunia adalah Puncak Mandala. Puncak Mandala adalah gunung tertinggi Indonesia setelah puncak Jaya Wijaya yang terletak di salah satu pegunungan Provinsi Papua pada ketinggian 4.760 mdpl. Puncak Mandala masih diselimuti gletser salju karena masih berada di deretan pegunungan Jaya Wijaya meskipun saat ini volumenya sudah mulai berkurang karena faktor pemanasan global. Jalur pendakian untuk sampai ke puncak ini cukup terjal dan berbahaya. Hal tersebut sudah diakui oleh para pendaki profesional, baik pendaki dalam negeri maupun pendaki dari luar negeri.
• Gunung Kerinci
Menjadi gunung tertinggi di Pulau Sumatra, Gunung Kerinci layak dinobatkan sebagai salah satu Seven Summit Indonesia dengan ketinggian 3.805 mdpl. Berada di perbatasan antara Sumatra Barat dan Jambi, Gunung Kerinci terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang juga menjadi taman nasional terbesar di Indonesia. TNKS dikelompokkan menjadi Situs Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak 2004. Hutan Hujan Tropis Sumatra dinobatkan oleh UNESCO karena keindahan alamnya yang luar biasa. Hutan tersebut juga dijadikan contoh yang mewakili proses ekologis dan biologis yang sedang berlangsung secara signifikan, serta memiliki habitat alami yang penting dan signifikan dalam konservasi. Selain itu, TNKS juga diakui sebagai situs Taman Warisan ASEAN. TNKS juga merupakan habitat Harimau Sumatra, yang saat ini masuk dalam daftar hewan dilindungi. Bahkan, IUCN mengkategorikan hewan ini dengan status kritis (critically endangered). Jumlah populasi harimau Sumatra di TNKS saat ini sekitar 160-167 ekor, sebagiannya berada di sekitar Gunung Kerinci. Untuk itu, sangat tidak direkomendasikan untuk bermalam atau mendirikan tenda dan melakukan perjalanan setelah matahari terbenam. Khususnya di antara Pos 2 dan Pos 3 dekat area hutan lumut Gunung Kerinci. Kabarnya, wilayah itu merupakan jalur harimau melintas. Salah satu Seven Summit Indonesia ini telah ditetapkan sebagai World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra. Selain itu, Gunung Kerinci juga menyandang status sebagai gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. Gunung Kerinci memiliki kawah pada puncaknya dengan kedalaman 600 meter dan luas kawah sekitar 48.000 meter persegi.
• Gunung Rinjani – NTB
Gunung tertinggi di Indonesia di posisi ke-5 adalah gunung Rinjani. Gunung Rinjani adalah gunung berapi yang berada pada ketinggian 3.726 mdpl di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Topografi unik dari Gunung Rinjani adalah terdapat kaldera seluas 3.500 x 4.800 m yang memiliki segara anak (campuran laut dan danau) di tengahnya seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m.
• Gunung Puncak Jaya
Gunung tertinggi di Indonesia terletak di tanah Papua, yakni Gunung Puncak Jaya atau dikenal juga dengan nama Jaya Wijaya. Puncak Jaya Merupakan bagian dari barisan pegunungan Sudirman di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl, sehingga dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Saat ini Gunung Jaya juga telah menjadi kawasan Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Selain itu, gunung ini juga menjadi salah satu Seven Summit di dunia. Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari Puncak Jaya adalah gletser atau padang salju yang tidak dimiliki gunung lainnya di Indonesia. Salju di puncak gunung ini abadi atau selalu ada.
• Gunung Semeru – Jawa Timur
Gunung Semeru adalah salah satu gunung berapi Indonesia yang tertinggi di Pulau jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl yang terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Kawasan gunung Semeru memiliki kawah bernama Jonggring Saloko yang memiliki gas beracun di puncaknya. Kaula muda atau pendaki Semeru mungkin tidak asing dengan kisah aktivis Indonesia yang meninggal di gunung ini karena menghirup gas beracun di gunung Semeru bernama Soe Hok Gie.
Gunung Semeru dikelilingi oleh 4 kawasan hutan yang menakjubkan, yakni Dipterokarp Bukit, Dipterokarp Atas, Montane, dan Ericaceoous atau hutan gunung. Jika Grameds mendaki Gunung ini akan banyak menemukan flora unik khas Semeru yang beragam, seperti pohon akasia, cemara, pinus, edelwis putih, dan anggerk endemik. Selain flora, Grameds juga bisa saja bertemu fauna seperti macam kumbang, kijang, luwak, kancil, dan budeng di Semeru. Bahkan di Ranu Kumbolo masih hidup liar belibis yang bisa saja ditemui pendaki.
• Gunung Rantemario – Sulawesi Selatan
Gunung tertinggi kedelapan adalah gunung Rantemario. Gunung Rantemareo adalah gunung di Sulawesi Selatan, tepatnya terletak di Pegunungan Latimojong di barat Sulawesi sebelah selatan wilayah Tana Toraja. Gunung ini memiliki puncak yang datar, itulah sebabnya diberi nama Rante Mario yang berarti tenang dan datar. Gunung ini berada tidak jauh dari jalan Makasar yang merupakan jalur ramai bagi pendaki. Hanya saja, jalur pendakian untuk sampai ke puncak lumayan sulit.
• Gunung Slamet
Gunung Slamet adalah gunung berapi dengan puncaknya yang berbentuk kerucut dan terletak di Jawa Tengah pada ketinggian 3.428. Gunung Slamet tepatnya berada di 5 kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Pemalang, Tegal, Purbalingga, Banyumas, dan Brebes. Gunung ini memiliki kawah yang masih aktif sampai sekarang bernama Kawah IV Slamet. Kawasan gunung Slamet dikellingi oleh hutan montana, hutan dipterokarp ata, hutan dipterokrap bukit, dan hutan gunung atau ericaceous.
Nah, itulah ulasan tentang beberapa gunung tertinggi di Indonesia yang perlu diketahui para pendaki sejati. Semoga bermanfaat!