Manfaat Bunga Lavender
Bunga lavender tentu sangat mudah kita kenali yakni dari aroma dan juga warnanya.
Bunga lavender memiliki kandungan essential oil yang bukan hanya mampu mengusir serangga, tapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat bunga lavender :
Mengusir Serangga
Aroma lavender yang kuat ternyata mampu mengusir berbagai jenis serangga, termasuk nyamuk, ngengat, dan pengusir hama. Bukan hanya mampu mengusir serangga, manfaat lavender ternyata mampu meredakan gatal di kulit akibat gigitan serangga.
Penghilang Stres
Aroma bunga lavender tak hanya harum, tapi juga menenangkan. Aromanya mengandung anti-neurodepresive yang dapat memberikan efek relaksasi. Bahkan, efek dari penggunaan aromaterapi bunga lavender di malam hari dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak.
Percantik Rambut
Memiliki rambut yang sehat dan kuat merupakan keinginan semua wanita. Tapi terkadang malas kalau harus rutin melakukan perawatan di salon, terlebih jika kamu memiliki aktivitas yang padat. Untuk itu kamu bisa menggunakan bunga lavender sebagai bahan untuk merawat rambutmu. Manfaat dari minyak lavender mampu membasmi kutu di rambut.Tak hanya itu, lavender juga mampu memperkuat rambut dan mengatasi kerontokan, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.
Potensi bantuan kanker dan demensia
Menurut National Cancer InstituteTrusted Source, aromaterapi dapat membantu pasien mengelola efek samping pengobatan kanker. Reseptor bau mengirim pesan ke otak yang dapat memengaruhi suasana hati. Aromaterapi juga dapat membantu orang dewasa yang menderita demensia.
Mempercantik Rumah
Salah satu kelebihan dari tanaman lavender, yaitu mudah untuk tumbuh. Selain itu, lavender juga menjadi tanaman yang indah untuk dimiliki, di sudut mana pun meletakkannya. Kamu bisa menanam lavender di halaman belakang, halaman depan, atau di dalam rumah dengan berbentuk pot. Secara umum, lavender ini sangat cocok menjadi bunga untuk teras rumah. Terlebih lagi ketika musim hujan perlahan mulai mengguyur sebagian daerah rumah.
Aromaterapi
Lavender paling sering digunakan dalam aromaterapi. Keharuman dari minyak tanaman lavender dipercaya dapat membantu meningkatkan ketenangan dan kesehatan. Aroma bunga ini juga dikatakan membantu mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan mungkin rasa sakit ringan.
Sebuah studi di Journal of Alternative and Complementary MedicineTrusted Source menemukan bahwa mengoleskan lavender, ditambah sage dan mawar, dapat mengurangi nyeri kram saat menstruasi.
Itulah uraian mengenai manfaat bunga lavender. Semoga bermanfaat!