Waktu Terbaik Melihat Sakura
Banyak wisatawan dari seluruh dunia tertarik datang ke Jepang untuk melihat keindahan bunga sakura saat bermekaran.
Bunga sakura yang bermekaran diketahui merupakan fenomena yang terjadi ketika musim semi di Jepang datang.
Umumnya, waktu mekar bunga sakura di Jepang dimulai dari daerah selatan yang beriklim hangat, diikuti Wilayah Kanto termasuk Tokyo, lalu berlanjut ke Wilayah Tohoku dan Hokkaido yang berada di utara. Bunga sakura biasanya hanya akan bertahan selama 10 hingga 14 hari sejak mekar. Oleh karena itu, saat musim semi tiba, orang-orang di Jepang akan mengecek perkiraan waktu mekarnya bunga sakura agar bisa menikmati pemandangan bunga sakura yang telah mekar sempurna.
Rata-rata, pohon sakura di Tokyo mekar penuh pada tanggal 2 April, tetapi tahun ini bunga sakura mekar pada tanggal 22 Maret. Sementara itu, di Kyoto bunga sakura mekar pada 26 Maret. Adapun sebagian besar pohon sakura yang mekar itu merupakan varietas yoshino, yaitu jenis yang paling terkenal dan disenangi banyak orang.
Pohon sakura itu terkenal dengan bunga berwarna putih-merah jambu yang mekar selama sekitar dua minggu, kemudian kelopak bunga kecilnya akan berjatuhan. Tidak hanya varietas yoshino, para ahli juga mengatakan bahwa bunga sakura dari varietas liar lainnya juga muncul lebih awal tahun ini.
Demikianlah pembahasan mengenai waktu yang paling tepat untuk melihar sakura. Semoga bermanfaat!