Gurun Terindah Di Dunia
Gurun di dunia ini memiliki sisi lain yang indah. Mulai dari bukit pasir, oase serta pemandangan kehidupan satwa liar.
Bagi Anda pencinta alam, tidak ada salahnya mengeksplor keindahan lanskap padang pasir. Ingin tahu negara mana saja yang memiliki lanskap padang pasir terindah di dunia. Berikut informasinya :
• Wadi Rum, Yordania
Yordania lebih dari sekedar Petra dan Laut Mati. Negara yang merupakan tempat lokasi syuting Star Wars ini juga memiliki gurun yang indah yang bernama Wadi Rum. Memiliki luas sekitar 720 kilometer persegi, gurun ini juga merupakan lanskap alam yang dilindungi sejak tahun 1998 lataran memiliki sejarah dan budaya yang penting untuk Yordania dan negara Timur Tengah lain. Keindahan, keunikan lanskap serta kekayan budaya menjadikan Wadi Rum salah satu destinasi wisata yang tak jarang dikunjungi. Ketika berkunjung, kamu dapat menikmati berbagai aktivitas seperti tur jip, menunggang unta, mendaki gunung bebatuan, melihat bangunan peninggalan Nabath, ngarai batu dan konfigurasi batu yang menarik. Selain itu, kamu juga dapat menginap di tenda Suku Beduoin yang di buka untuk umum.
• White Desert, Mesir
Gurun di Mesir ini begitu eksotis, karena dominasi warna putihnya seperti bubuk susu. Lokasinya berada di Farafra. Tempat ini juga populer dengan nama Sahara el Beyda.
Kamu bakal dibuat takjub dengan formasi batu kapurnya, Instagramable banget! Disarankan menyewa jasa pemandu saat ke sini, karena lokasinya agak sulit ditemukan.
• Salar de Uyuni, Bolivia
Dijuluki sebagai The world's largest salt flat, Salar de Uyuni dapat ditemukan di Bolivia. Tempat ini terletak di pegunungan Andes. Dibentuk ketika danau garam prasejarah kering dan membentuk dataran sejauh 4.086 mil persegi. Tempat ini ditutupi dengan garam putih pucat dan lapisan tipis air selama musim hujan. Lapisan ini menyebabkan efek cermin yang sempurna di atas permukaan datar, mendorong banyak orang untuk menyebutnya sebagai cermin terbesar di dunia.
Namib, Namibia Gurun pesisir di Afrika selatan, Namib mencakup 1.200 mil dan dianggap sebagai gurun tertua di dunia. Gurun ini dikenal dengan lautan pasirnya yang memiliki bukit berwarna pink dan oranye. Bukit ini memiliki ketinggian 980 kaki dan menjadikannya sebagai bukit pasir terbesar di bumi.
• Namib-Namibia, Afrika Selatan
Jika Afrika Utara memiliki Gurun Sahara, Afrika Selatan memiliki Gurun Namib. Disebut sebagai gurun tertua di dunia, Namib memiliki luas 1.200 mil dan dikenal dengan lautan pasirnya yang berwarna oranye. Selain itu, gurun ini juga memiliki beberapa bukit pasir dengan ketinggian 980 kaki yang ukurannya kebih besar daripada Sahara sendiri. Ketika berkunjung, kamu dapat menikmati pemandangan satwa liar seperti reptile, kumbang dan hewan pengerat kecil. Selain itu, kamu juga dapat menikmati pemandangan berbagai spesies tanaman seperti Welwitschia yang bisa hidup ratusan tahun, pohon melon Nara dan pohon Camel Thorn (Acacia Erioloba).
• The Wave – Arizona, AS
The Wave merupakan salah satu gurun terindah di dunia karena fenomena geologi yang menghasilkan serat gelombang pada permukaan batunya. Selain menjadi favorit wisatawan, gurun yang terletak di bagian utara Buttes Coyote, Arizona, AS ini juga merupakan tempat para pecinta fotografi. Mengunjungi gurun ini tidak semudah yang kamu kira. Untuk sampai di The Wave, kamu harus lebih dahulu memasukan undian guna mendapatkan tiket. Hal ini dilakukan demi melindungi struktur gelombangnya dari kerusakkan yang diakibatkan wisatawan.
• Spiti Valley, India
Berada di Spiti Valley akan membuatmu merasakan suasana India yang sangat berbeda. Tak ada kemacetan dan kepadatan penduduk, rasanya begitu tenang dan damai. Sayangnya, butuh perjuangan untuk bisa sampai ke sini.
Dari Manali menuju Kaza di Spiti Valley membutuhkan waktu sekitar lima jam. Bus lokal hanya berangkat pada pukul 04.00 saja. Alternatif lainnya, kamu bisa sharing jeep dengan waktu dan harga yang bisa disesuaikan.
Itulah tujuh gurun terindah yang ada di dunia ini. Mana yang paling bikin kamu ingin mengunjunginya dulu? Semoga bermanfaat!