Pantai Terunik Di Dunia
Jika biasanya kita menemukan pantai berpasir putih atau hitam, di pantai ini ada yang unik terasa beda dari biasanya.
Pantai adalah salah satu tempat terbaik untuk melepas penat dari segala rutinitas yang monoton. Beruntungnya hidup di Indonesia, kita dapat menjumpai berbagai pantai menakjubkan dengan pasir putih dan air sangat jernih. Tidak sekadar berisi keindahan pasir putih, ternyata beberapa negara di dunia memiliki pantai-pantai unik yang berbeda. Mulai dari warna pasir, hingga sejarah terbentuknya. Berikut pantai terunik di dunia :
• Glass Beach, California
Kota Fort Bragg di California, Amerika Serikat, memiliki sebuah pantai yang unik. Adalah Glass Beach yang memiliki kerikil-kerikil bening seperti batuan kaca. Bebatuan kaca ini sebenarnya bukanlah hasil proses alam seutuhnya. Selama beberapa dekade, masyarakat setempat membuang barang-barang yang tidak lagi mereka gunakan di dekat pantai.
• Green Sand Beach, Kourou Beach, French New Guinea
Anda mungkin akan takjub dengan pantai berwarna hijau ini. Kourou Beach ini berhadapan dengan perairan Atlantik. Pasir berwarna hijau ini berasal dari mineral olivin, hasil bentukan lava saat mendingin dengan cepat di laut. Ketika berada di sini Anda akan serasa ada di balik hamparan zamrud yang indah.
• Sea of Stars, Vaadhoo, Maldives
Ketika Anda mengunjungi pantai ini di malam hari, Anda dapat melihat keindahan air laut yang terlihat menyala seolah bintang di galaksi. Cahaya yang dihasilkan pada ombak laut tersebut berasal dari fitoplankton bioluminescent mikroskopis sehingga menghasilkan warna biru yang indah.
• Pantai Kerang, Shark Bay, Australia
Kondisi air yang sangat asin mendukung perkembangbiakan kerang yang begitu melimpah. Sehingga kerang-kerang tersebut memenuhi garis pantai.
• Pantai Tangsi, Lombok Timur, Indonesia
Ini nih salah satu pantai terbaik di Indonesia yang harus kamu kunjungi. Pantai Tangsi memiliki pasir berwarna pink yang berasal dari serpihan cangkang kerang merah.
• Pantai Koekohe, Selandia Baru
pantai unik lainnya bisa kamu temui di Selandia Baru. Adalah Pantai Koekohe, yang dikelilingi batu-batu raksasa yang mirip telur naga di film dongeng. Terletak di Moeraki, Otago, Selandia Baru, pantai ini memang terlihat berbeda dari kebanyakan pantai pada umumnya. Bebatuan yang menyerupai telur naga ini disebut dengan Moeraki Boulders. Batuan yang memiliki berat beberapa ton itu terbentuk setelah erosi yang terjadi di pantai pada jutaan tahun lalu. Karena keunikannya tersebut, formasi bebatuan unik ini jadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan.
• Shell Beach, Australia
Selanjutnya Shell Beach di Denham, Australia, merupakan salah satu pantai terunik di dunia. Bukan pasir, pantai ini justru memiliki hamparan cangkang kerang yang menghiasi tepi pantai.
Jutaan cangkang kerang ini diakibatkan tingginya tingkat keasinan air laut, sehingga perkembangan kerang tak terkendali. Kondisi tersebut juga diperparah dengan jumlah predator yang sedikit, sehingga karang di pantai tersebut terus berkembang tak terkendali. Menariknya, cangkang karang ini telah membentang di pinggir pantai sepanjang 70 kilometer.
• Popcorn Beach, Spanyol
Pantai terunik di dunia bisa kamu jumpai di Kepulauan Canary, Spanyol, tepatnya di Pulau Fuerteventura. Berbeda dari pantai yang telah disebutkan di atas, pantai di pulau ini juga tak kalah unik. Keunikan pantai ini adalah pasir putihnya yang berbentuk menyerupai popcorn atau berondong jagung. Karena keunikannya tersebut, wisatawan pun menjuluki pantai ini dengan Popcorn Beach.
Tapi, jangan coba-coba memasukkannya ke mulut, ya, bisa-bisa gigi kamu rontok semua. Karena, 'popcorn' ini sesungguhnya adalah batu koral yang super keras. Popcorn Beach terletak di ujung barat laut Corralejo, dan belum banyak dikenal oleh wisatawan. Walau begitu, pantai tersebut mulai dilirik oleh wisatawan, karena pesonanya mulai ramai di media sosial Instagram.
Meski indah dan unik, sepertinya Popcorn Beach menjadi salah satu pantai yang tidak cukup nyaman buatmu yang ingin berjemur atau sekadar berjalan-jalan di atas pasir. Bentuk pasirnya yang seperti popcorn membuat butiran pasir di pantai ini lebih tajam dibanding pasir pada umumnya.
Itulah beberapa pantai terunik di dunia. Semoga bermanfaat!