Cara Menghangatkan Rumah
Cuaca atau musim dingin menjadi waktu menyenangkan untuk bersantai bersama keluarga.
Salah satu aktivitas yang paling nikmat buat dilakukan saat musim dingin adalah tidur. Namun, terkadang ketika salju turun sangat lebat, tidur kamu bisa terganggu karena udara yang dingin dan bikin menggigil.
Berikut Cara Menghangatkan Rumah :
• Jangan Biarkan Panas Keluar Lewat Ventilasi
Ventilasi udara, di kamar mandi contohnya, adalah celah untuk hawa panas keluar dari rumah dan tergantikan dengan udara dingin yang masuk dari luar. Untuk mengakalinya, Anda bisa mematikan ventilasi kamar mandi saat hujan turun dan sebagai gantinya buka pintu kamar mandi. Udara hangat yang terperangkap di kamar mandi akan perlahan-lahan keluar dan berputar di dalam rumah, membuat suasana lebih hangat.
• Gunakan karpet tebal berbulu
Bukan hanya udara dari luar yang bikin kamar jadi dingin, lantai yang dingin juga bisa menambah suhu dingin di kamar kamu. Tidak ada salahnya untuk memasang karpet di lantai kamar agar kaki kamu tidak kedinginan saat berjalan di sekitar kamar. Pilih karpet yang tebal dan berbulu supaya suhu udara di kamar kamu ikut menghangat. Alasannya, bahan-bahan tersebut dapat menahan udara hangat di dalam ruangan.
• Atur ulang heater pada ruangan
Jika kamu memiliki heater di rumahmu, jaga area tetap bersih. Misalnya jika kamu memiliki sofa yang berada tepat di depannya, maka sofa itu akan menyerap sebagian besar panas yang dihasilkannya. Membuka area di sekitar radiator membantu panas menyebar di seluruh ruangan. Demikian pula, periksa area di sekitar semua ventilasi.
• Pasang Tirai yang Tebal
Saat matahari masih bersinar, manfaatkan sebaik-baiknya dengan membuka tirai dan jendela lebar-lebar untuk memasukan panas dari cahaya matahari ke dalam rumah. Saat cuaca sudah mendung dan hujan turun, tutup tirai segera. Tirai dengan bahan yang tebal dan kalau bisa berwarna gelap akan menahan panas untuk tidak keluar melalui sela-sela jendela.
• Tutup rapat pintu
Sama halnya jendela, pintu juga bisa menjadi jalan masuknya udara dingin ke rumah. Namun, tak bisa dipungkiri, pintu pasti memiliki celah sehingga Anda bisa mengakalinya dengan pengganjal celah pintu.
• Tutup semua celah pada jendela
Menutup jendela saja tidak cukup untuk membuat rumah hangat. Sebab, mungkin masih ada lubang-lubang kecil yang memungkinkan udara dingin dari luar rumah masuk ke dalam. Karenanya Anda bisa menambalnya dengan lilin atau lem untuk menutup lubang-lubang tersebut.
Nah itu beberapa cara menghangatkan rumah Ketika musim dingin. Semoga bermanfaat!