Gunung Tertinggi Di Dunia
Menjelajah dunia dengan puncak-puncak tertingginya menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menarik, terutama bagi orang dengan jiwa berpetualang.
Berhasil menaklukkan puncak tertinggi bumi jelas merupakan prestasi tersendiri.
Namun yang harus diingat, tingginya puncak gunung juga sebanding dengan kesulitannya.
Puncak Everest yang berada di pegunungan Himalaya ternyata bukanlah satu-satunya titik tertinggi di dunia. Bahkan menurut Situs Ilmu Geografi, setidaknya ada 60 gunung yang tercatat memiliki puncak paling tinggi sedunia.
Berikut empat gunung paling tinggi di dunia berikut melansir Traveloka:
Gunung Kilimanjaro (Afrika)
Memiliki ketinggian sekitar 5.895 di atas permukaan laut, Gunung Kilimanjaro menjadi salah satu gunung tertinggi di dunia yang berada di Tanzania Utara, Afrika. Gunung tersebut telah diakui menjadi salah satu keajaiban dunia dengan jumlah pendaki tiap tahunnya mencapai angka lebih dari 50.000 partisipan. Gunung Kilimanjaro yang juga dikenal dalam bahasa Masai sebagai Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor ini sebenarnya adalah gunung Merapi yang sudah tidak aktif lagi.
Para pendaki tak hanya bisa memenuhi impian mendaki salah satu puncak gunung tertinggi di dunia ketika mengunjungi Gunung Kilimanjaro, tapi juga bisa melihat kekayaan ekologi yang beragam. Mulai dari hutan hujan tropis, padang rumput, padang pasir, sabana, hingga salju. Kalau kamu tertarik untuk mendaki
Gunung Kilimanjaro yang berada di Afrika, datanglah ketika musim kemarau antara akhir Juni hingga Oktober.
Gunung Mauna Kea (Hawaii)
Gunung tertinggi di dunia selanjutnya adalah Gunung Mauna Kea, Hawaii. Jika diukur hanya dari atas permukaan laut, Mauna Kea hanya memiliki ketinggian sekitar ada 4.205 mdpl. Namun, tinggi tersebut ternyata bukanlah tinggi keseluruhan gunung ini. Kalau benar-benar diukur dari dasar, Mauna Kea memiliki ketinggian hingga mencapai 10.200 meter! Itu berarti gunung ini lebih tinggi sekitar 1 mil dari Puncak Himalaya.
Mauna Kea atau dalam bahasa Hawaii berarti Gunung Putih ini merupakan gunung Merapi yang tak lagi aktif. Gunung ini adalah satu-satunya tempat di dunia di mana kamu bisa berkendara dari arah pantai hingga mencapai ketinggian 4.267 meter hanya dalam waktu dua jam saja.
Puncaknya yang bersalju sering menjadi tujuan para pemain ski dan snowboard. Selain dapat melihat pemandangan pulau Hawaii yang indah dari ketinggian, puncak dari gunung tertinggi di dunia sering dijadikan tempat berburu matahari terbit dan matahari terbenam.
Gunung Elbrus (Eropa)
Gunung Elbrus menjadi salah satu gunung paling tinggi di dunia dengan ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut. Dalam mitos Yunani, Gunung Elbrus dikenal sebagai tempat Zeus merantai lengan Prometheus karena mencuri api para dewa.
Gunung tertinggi di dunia ini berlokasi di Rusia serta menjadi bagian dari Pegunungan Kaukasus yang membagi benua Asia dan Eropa. Untuk mencapai puncak gunung ini, kamu membutuhkan waktu sekitar enam hingga sembilan jam dengan jalur pendakian paling populer melalui bagian selatan gunung. Kalau kamu tertarik mendaki salah satu gunung paling tinggi di dunia ini, datanglah ketika musim panas.
Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid (Papua)
Gunung tertinggi di dunia selanjutnya adalah Puncak Jaya atau yang juga dikenal sebagai Carstensz Pyramid. Puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman dan berlokasi di Provinsi Papua ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.
Gunung ini merupakan salah satu dari tujuh puncak dunia. Di sekitar puncak gunung tertinggi di Indonesia ini terdapat gletser Carstensz, satu-satunya padang salju tropis di Indonesia.
Gunung-gunung tertinggi di dunia memiliki medan yang berat, sehingga untuk menaklukkannya dibutuhkan peralatan dan persiapan yang matang.