Gunung Bersalju
Sejumlah gunung salju dunia diketahui sering dijelajahi para pecinta alam dan peneliti. Mantap sekali, bukan? Apa saja gunung bersalju berpanorama cantik yang tersebar dari berbagai belahan dunia?
Dilansir dari Wild Junket Magazine melalui okezone, berikut adalah 8 gunung bersalju terindah di dunia yang terhampar dari Antartika ke Alaska. Silakan dibaca ya bro!
Spectre, Antartika
Pegunungan Transantartika diketahui memiliki luas sepanjang 1.500 mil. Keanggunan daerah pegunungan ini kabarnya baru disaksikan segelintir orang saja. Saat berkelana ke kawasan pegunungan ini, lo bisa melihat menara indah yang dijuluki “The Spectre”.
Keindahan pegunungan Transantartika pernah dideskripsikan oleh Geologis Edmund Stump. Ia adalah pengelana yang sudah menjelajahi Benua Antartika sebanyak 13 kali dalam waktu 40 tahun. Di dalam bukunya, ia menggambarkan gunung ini sebagai hal yang indah, sempurna, dan dramatis. Bagaimana? Apakah lo tertarik ke sini?
Alpamayo, Peru
Banyak pihak terpikat dengan panorama piramida es yang ditawarkan gunung ini. Alpamayo bisa lo temukan di wilayah pegunungan Cordillera blanca, Peru. Hingga sampai sekarang, gunung ini diketahui menjadi salah satu destinasi populer di kalangan pendaki di Peru. Hal tersebut disebabkan oleh bentuk Alpamayo yang begitu indah dan unik.
Mauna Loa, Hawaii
Gunung berapi terbesar di bumi ini diprediksi pernah meletus 700.000 tahun lalu. Wilayah Mauna Loa diketahui mencakup sebagian besar kawasan Big Island Hawaii. Ketiba menyambangi gunung ini, lo bakal dibuat terpana dengan panorama salju di sana yang begitu mempesona.
Mauna Loa kabarnya terus mengalami kenaikan secara bertahap dari dasar laut hingga ke daratan. Dengan tingginya yang mencapai 5,7 mil, Mauna Loa menyabet gelar sebagai gunung tertinggi urutan kesepuluh di tata surya. Pemandangan indah gunung ini dijamin bakal menghipnotis siapapun yang melihatnya secara langsung.
Denali, Alaska
Lo bisa menemukan gunung ini di daerah Alaska. Gunung Denali mempunyai tinggi 6.194 di atas permukaan laut. Meski bukan gunung tertinggi di dunia, Denali menawarkan panorama menakjubkan yang bakal membuat lo terkesima. Saat mendaki Denali, lo akan disambut pemandangan indah yang disertai tundra, gletser, dan hutan yang menjadi tempat tinggal bagi 39 mamalia.
Cerro Torre, Argentina dan Chili
Gunung salju satu ini mempunyai tingkat kecuraman dramatis. Cerro Torre bisa dijumpai wisatawan di Patagonia, wilayah perbatasan Argntina dan Chili. Wilayah gunung ini kabarnya sering mengalami badai ganas yang cukup berisiko.
Penulis dan pendaki gunung, Jon Krakauer, pernah menggambarkan pengalamannya sewaktu mendaki Cerro Torre dalam bukunya yang berjudul “Into Thin Air”. Menurutnya, gunung ini menawarkan pengalaman mendaki tersulit di dunia. Dengan demikian, pendaki membutuhkan persiapan matang ketika hendak menaklukkan gunung ini.
Ama Dablam, Nepal – Himalaya
Saat berkunjung ke Himalaya, pendaki dapat menemukan sepuluh gunung tertinggi dunia. Nah, Ama Dablam tidak termasuk dalam deretan pegunungan tertinggi tersebut. Meski begitu, gunung ini menghadirkan pemandangan indah yang mencengangkan.
Kirkjufell, Islandia
Gunung ini mungkin terlihat familiar bagi lo yang hobi menonton serial Game of Thrones (GOT). Kirjufell telah sering melatari banyak adegan monumental di serial GOT, salah satunya adalah ketika King Night membuat barisan sejajar bersama pasukan mayat mati atau White Walker. Mantap sekali ya bro?
Apabila menyaksikan GOT hingga musim ketujuh, lo tentu mengingat momen saat Daenerys dan naganya menyelamatkan Jon Snow di gunung ini. Musim kedelapan GOT kabarnya akan menampilkan Kirkjufell sebagai latar peperangan antara Jon Snow melawan White Walker. Pertarungan mematikan ini diketahui menjadi salah satu momen paling dinanti penonton di GOT musim kedelapan.
Lo bisa menyaksikan padang hijau dengan air terjun saat mendatangi gunung ini saat cuaca cerah. Sementara itu, bila mendatangi Kirjufell pada musim dingin, pendaki bakal melihat gunung ini berkilau dengan salju dengan pemandangan aurora di langit. Dengan bentuknya yang elegan dan simetris, Kirkjufell menjadi salah satu spot foto terfavorit di Islandia.
Huayna Picchu, Peru
Ketika berlibur ke Peru, wisatawan disarankan mengunjungi Machu Picchu yang berlokasi di tengah-tengah lapisan pegunungan subur. Daerah ini disebut-sebut sebagai permata yang terhampar di tengah kemegahan alam. Salah satu gunung paling mencolok di sini adalah Huayna Picchu.
Demikian 8 deretan gunung bersalju terindah di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang mencari tempat mendaki dengan latar keindahan alam dan tantangan tak terlupakan. Apakah lo tertarik mengunjungi kedelapan gunung ini?