Hidangan Penutup Lezat
Panna cotta dan puding adalah hidangan penutup yang banyak digemari oleh pencinta kudapan bertekstur kenyal dan lembut.
Puding tersedia dalam berbagai bentuk, seperti puding panggang, stove-top custard, dan campuran instan. Panna cotta merupakan jenis puding matang khas Italia. Panna Cotta menyerupai puding dengan tekstur lembut dan halus yang berasal dari susu, krim atau yogurt, tetapi berbeda dari puding dalam bahan dan cara pembuatannya. Berikut adalah perbedaan antara puding dan panna cotta:
• Makanan penutup yang disajikan
Puding biasanya disajikan dalam keadaan dingin, meskipun beberapa puding panggang paling baik disajikan saat hangat dari oven. Panna cotta, bagaimanapun, selalu disajikan dingin, langsung dari kulkas. Untuk menyajikan panna cotta, celupkan setiap cangkir saji ke dalam air panas selama sekitar 3 detik untuk melonggarkannya, letakkan piring saji di atas ramekin, dan balikkan ramekin dan piring sehingga panna cotta berdiri sendiri. Panna cotta sering dipercantik dengan buah yang disajikan di atasnya.
• Cara memasak
perbedaan panna cotta dan puding juga ada pada cara memasaknya. Biasanya bahan membuat puding dimasak sekaligus di atas kompor. Lalu, menuangkan adonan puding ke dalam cetakan dan menunggunya hingga memadat. Hal itu berbeda dengan panna cotta, cara memasaknya adalah dengan merebus krim, susu, dan gula di atas api kecil hingga mendidih. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Tuang gelatin bubuk atau cair ke dalam adonan sebelumnya dan aduk rata. Tuang ke dalam gelas saji dan diamkan hingga tekstur agak padat.
• Tambahan Komposisi Cokelat dalam Panna Cotta
Meskipun panna cotta umumnya hadir dengan perasa vanila, Anda dapat mengubah rasanya. Masukkan bahan padat, seperti potongan buah atau permen, ke dalam puding setelah dimasak, tetapi sajikan bahan padat tersebut bersama panna cotta hingga meleleh ke dalam campuran susu dan gula. Aduk bumbu dan cairan, seperti kapulaga, jus lemon atau bubuk cokelat, ke dalam makanan penutup selama memasak, dan topping seperti manisan buah atau saus karamel, di atas makanan penutup.
• Puding Dengan dan Tanpa Telur
Puding mungkin mengandung telur atau tidak, untuk pengental tekstur puding lebih sering dikentalkan dengan tepung maizena atau tepung. Panna cotta, menurut definisinya, tidak pernah mengandung telur dalam komposisinya. Sebaliknya, tekstur panna cotta menebal dengan gelatin tanpa rasa yang ditaburkan di atas air.
Itulah beberapa perbedaan antara pudding dan panna cotta. Semoga bermanfaat!