Es Macchiato Caramel
Terkadang saat sudah memasuki siang dan sore hari, kita mulai merasa jenuh dan Lelah beraktivitas. Segelas es kopi bisa membantu Anda menyegarkan kembali tubuh Anda!
Salah satu minuman yang paling populer akhir-akhir ini adalah caramel macchiato. Ketenaran minuman ini diiringi dengan maraknya perkembangan kedai kopi atau coffee shop di Indonesia. Kini coffee shop menjadi tempat nongkrong yang paling disukai banyak orang, terutama kaum muda.
Es macchiato caramel merupakan menu andalan di berbagai coffee shop terkenal. Ternyata resep caramel macchiato sangat mudah untuk dicoba! Minuman ala rumahan yang dibuat sendiri pastinya lebih hemat budget dan rasanya tidak perlu diragukan lagi. Mari ikuti langkah-langkahnya.
Siapkan bahan-bahan resep caramel macchiato berikut ini:
- 2 sendok makan sirup vanila
- 150 ml susu full cream
- Es batu secukupnya
- 1 shot atau 30 ml espresso
- Saus karamel sesuai selera
- Whipped cream secukupnya
- Alat Masak Resep Caramel Macchiato
Siapkan alat-alat masak berikut ini:
Gelas saji
Gelas untuk espresso
Sendok
Cara Membuat Caramel Macchiato yang Paling Simple:
- Seduh kopi espresso terlebih dahulu.
- Siapkan gelas saji. Tuangkan 30 ml sirup vanila ke dalam gelas.
- Kemudian tuangkan 150 ml susu full cream.
- Tambahkan es batu secukupnya.
- Tuangkan espresso dan tambahkan whipped cream secukupnya.
- Tuangkan saus karamel sesuai selera. Minuman siap disajikan selagi dingin.
Fakta Menarik Caramel Macchiato:
Para pencinta kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan minuman macchiato. Sebagian besar orang mengartikan macchiato sebagai salah satu jenis minuman berbahan kopi.
Sebenarnya macchiato merupakan teknik atau cara penyajian minuman dengan menambahkan krim ke dalam gelas yang berisi kopi. Oleh karena itu, ada beberapa istilah minuman yang berbeda sesuai dengan bahan tambahan, seperti espresso macchiato, caramel machiato, dan lain sebagainya.
Macchiato caramel memang belum lama terkenal di Indonesia, tetapi penyajian minuman ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu di Italia. Beberapa sumber menjelaskan bahwa macchiato pertama kali dibuat oleh seorang barista di Italia untuk membedakan pesanan espresso murni dan espresso susu.
Kemudian penyajian macchiato semakin bervariasi, salah satunya macchiato dengan caramel. Minuman tersebut ternyata digemari oleh banyak orang hingga terkenal ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Beberapa gerai kedai kopi yang terkenal, seperti Starbucks, Janji Jiwa, dan lain sebagainya menyajikan minuman unik ini.
Anda juga bisa mencoba kreasi macchiato karamel ala rumahan yang tidak kalah nikmat dengan minuman ala kedai kopi kekinian. Selamat mencoba!