Dingin Dan Enak!
Anak-anak menyukai es krim karena rasanya yang manis dan sensasi dinginnya yang menyegarkan ketika suasana panas. Cara mudah mendapatkannya mungkin kamu bisa langsung membelikannya di mini market terdekat.
Namun es krim sebenarnya bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah.Membuat es krim sendiri di rumah bisa memberikan pilihan bahan-bahan seperti apa yang digunakan. Misalnya bahan lokal seperti ubi, buah-buahan sekitar seperti papaya atau pisang, bahkan memadukannya dengan coklat maupun vanilla, semuanya bebas kamu lakukan.
Tidak harus menggunakan susu cair dan UHT untuk membuat Es Krim, anda juga bisa mengganti bahan utama dalam membuat Es Krim dengan produk lainnya.
Hanya menggunakan bahan sederhana, cara membuat es krim satu ini pun cukup mudah. Bisa jadi es krim rumahan bercita rasa restoran meski dibuat sendiri. Bagi anda yang ingin membuat es krim namun tidak tahu bagaimana caranya, kini tidak perlu khawatir. Pasalnya berikut ini kami akan sajikan beberapa cara membuat es krim dengan resep rumahan .
Alat-alat pembuat es krim:
Beberapa wadah untuk adonan es krim
Kain tipis sebagai penyaring
Mixer
Freezer
Bahan-bahan pembuat es krim:
· 1 liter susu segar
· 1 kaleng kental manis
· 100 gram gula pasir
· 4 butir kuning telur ayam yang dikocok, atau bisa digantikan dengan 1 sdm ovalet atau SP
Pemberi rasa, yakni 1 sdm vanili untuk es krim rasa vanilla. Untuk rasa lain berikan vanili hanya 1/2 (setengah) sdm lalu tambahkan perasa yang dipilih. Misalnya 3 sdm cokelat bubuk untuk rasa es krim cokelat, 3 sdm espresso untuk es krim rasa kopi, 3 buah manga yang diblender dan whipped cream secukupnya untuk es krim rasa mangga.
· 15 gram tepung maizena
· Chocochip secukupnya sebagai pelengkap
Cara Membuat Es Krim
Berikut cara membuat es krim yang bisa dilakukan di rumah dengan hasil yang lembut dan proses pembuatan yang mudah
Rebus susu dan gula dengan api sedang. Terus aduk, dan tunggu hingga mendidih.
Sambil menunggu waktu rebusan susu dan gula mendidih, larutkan tepung maizena dengan 1 sdm susu segar lainnya. Kemudian tuang ke rebusan susu dan gula, aduk rata.
Tambahkan vanili pada rebusan tersebut, angkat jika sudah mendidih.
Siapkan wadah baru, lalu saring susu dengan kain penyaring.
Jika sudah tersaring, tuang kocokan kuning telur atau ovalet/SP secara perlahan.
Diamkan sekitar 10 menit untuk menurunkan suhu adonan es krim tersebut.
Masukkan ke dalam freezer, bekukan sekitar 8 jam.
Keluarkan adonan es krim yang membeku lalu kerok dengan sendok. Tuangkan di satu wadah besar, lalu aduk rata dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi selama sekitar 30 menit. Untuk menghindari mesin mixer yang panas, kamu bisa memberi jeda henti sekitar 5 menit lalu nyalakan kembali.
Tuang adonan ke wadah es krim, lalu berikan chocochip secara merata. Aduk, lalu padatkan di wadah. Setelah itu, bekukan kembali di dalam freezer sekitar 6-8 jam.
Voila! Es krim buatan rumah dengan tekstur yang lembut dan rasa nikmat siap disantap.
Nah itu dia cara membuat es krim yang mudah dilakukan di rumah.