Taman Hutan
Masuk dalam 10 besar sebagai negara megadiverse menjadikan Indonesia menjadi salah satu kawasan dengan ragam spesies endemik tertinggi di dunia.Untuk melestarikan keanekaragaman hayati tersebut, pemerintah berupaya membangun kawasan hutan konservasi sebagai habitat alami flora dan fauna endemik.
Adanya hutan konservasi bertujuan untuk memberi perlindungan, pelestarian serta pemanfaatan hutan dan kehidupan di dalamnya agar sesuai fungsinya.
Berikut 6 taman hutan yang terkenal di Indonesia!
1. Taman Hutan Raya Bukit Barisan
Taman hutan ini berada di daerah Sumatra Utara, tepatnya di kecamatan Berastagi, kabupaten Karo. Taman hutan raya bukit barisan memiliki luas taman yang sangat luas yaitu 51.600 hektare. Taman hutan raya ini ditetapkan pada tahun 1988, tepatnya pada tanggal 29 November.
Di dalam taman hutan raya bukit barisan terdapat beberapa jenis kayu-kayuan hutan tropis yang memiliki usia di atas 60 tahun. Selain itu juga terdapat berbagai spesies kupu-kupu langka. Ada juga gajah yang dimanfaatkan sebagai transportasi bagi para wisatawan untuk mengelilingi taman hutan.
2. Taman Hutan Raya Mohammad Hatta
Taman hutan raya ini terletak di daerah Padang, Sumatra Barat dan memiliki luas taman sekitar 21.100 hektare. Taman raya mohammad hatta ini ditetapkan sejak tanggal 27 Maret tahun 1993.
Bentuk bentang alam dari taman hutan raya mohammad hatta ini memiliki bentuk yang bergelombang dan curam. Di dalam taman hutan raya ini ditumbuhi berbagai jenis dari tanaman tropis yang asli dan ratusan binatang khas Pulau Sumatra.
3. Taman Hutan Raya Cut Nyak Dien
Taman hutan raya ini terdapat di daerah kabupaten Aceh Bear dan Pidie, NAD dan memiliki luas taman sekitar 6300 hektare. Taman hutan raya ini ditetapkan sejak tanggal 15 Maret 2001.
Di dalam taman hutan raya ini terdapat berbagai jenis flora yang didominasi oleh pinus dan akasia. Selain itu juga ada berbagai jenis dari fauna seperti rusa, babi, kera ekor panjang dan lainnya.
4. Taman Nasional Way Kambas
Taman nasional di Indonesia yang satu ini sudah terkenal di seluruh wilayah ASEAN. Taman Nasional Way Kambas berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, dan jadi rumah untuk para gajah sumatra. Di sana, gajah dilatih untuk melakukan banyak hal, termasuk bersosialisasi dengan hewan lain dan juga manusia.
Tak cuma gajah sumatra, taman nasional di Indonesia ini juga merupakan rumah bagi satwa-satwa langka lainnya seperti badak sumatra, harimau sumatra hingga tapir.
Taman Nasional Way Kambas pun sudah dinobatkan sebagai Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park). Taman ini merupakan satu dari empat taman nasional di Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut.
5. Taman Nasional Ujung Kulon
Taman nasional di Indonesia selanjutnya ini terkenal dengan badak bercula satu (Rhineceros sondaicus) yang populasinya sudah makin terancam. Tempat ini punya luas 107.489 hektare dan merupakan Situs Warisan Dunia. Taman Nasional Ujung Kulon menjadi habitat dari berbagai satwa liar, seperti merak, banteng, kera ekor panjang, babi hutan, dan ayam hutan
Bukan hanya hutan yang jadi rumah dari sang badak, di kawasan taman nasional di Indonesia kamu juga bisa menjumpai pantai dengan pasir putih di lokasi yang berada di paling ujung barat Pulau Jawa ini.
6. Taman Nasional Karimun Jawa
Secara geografis, Pulau Karimun Jawa berada di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sekitar 120 km di utara Kota Semarang. Pulau ini hanya bisa dijangkau dengan perahu melalui Jepara atau Semarang dengan memakan waktu kurang lebih enam jam.
Kawasan taman nasional di Indonesia satu ini memiliki bentang alam sangat beragam meliputi hukan bakau, padang lamun, padang rumput, hutan hujan tropis, hutan pesisir, hingga keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang dan biota laut yang cantik
Tak cuma keindahan alamnya saja, Karimun Jawa populer akan penangkaran Hiu yang ada di tempat ini di mana para wisatawan yang datang bisa melihat dekat hiu-hiu yang dikonservasi di taman nasional ini.
Semoga Anda menikmati artikel ini!