Ayo periksa!
Danau banyak kita jumpai di Indonesia dengan ukuran yang bervariasi dai yang kecil, sedang, hingga besar. Sebagai salah satu sumber air yang ada di daratan, air di danau mempunyai sifat tenang, tidak mengalir dan memiliki banyak fungsi danau.
Terdapat banyak danau luas baik di dunia atau pun di Indonesia. Kita tahu bahwa danau terbesar di Indonesia adalah Danau Toba. Danau Toba terletak di provinsi Sumatera Utara yang juga menjadi danau terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, apakah Anda tahu danau-danau besar lainnya di Indonesia?
Danau Towuti adalah salah satu danau purba tertua yang ada di Indonesia, selain dari Danau Toba yang telah mengundang rasa penasaran para peneliti dari beberapa negara untuk datang ke sana.
Bahkan penelitian tentang Danau Towuti dari peneliti lintas negara tersebut, menjadi penelitian terbesar se Asia Tenggara.
Danau Towuti menjadi kebanggaan warga Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Keunikan dan keindahan patut bersanding dengan danau-danau lain di Indonesia.
Danau Towuti adalah danau tektonik dengan luas permukaan 561,1 kilometer persegi. Memiliki kedalaman maksimal 203 meter.Sehingga, bakal banyak biota alam baik di atas maupun bawah laut yang hidup di sini, mulai dari bunga anggrek epifit yang langka hingga ikan opudi yang laris manis di dalam maupun luar negeri.
Yang perlu diketahui, danau ini masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Danau Towuti. Dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan, di bawah Kementerian Lingkuhan Hidup dan Kehutanan.
Dengan status TWA, danau ini menjadi kawasan pelestarian alam yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata.
Nah, yang menarik dari danau ini tentu saja panorama alamnya. Dengan air tawar yang selalu tampak biru, Danau Towuti memiliki pulau cantik yang berada di tengah, mirip Pulau Samosir di Danau Toba.
Dari sisi luar, kamu bisa menikmati cantiknya sunset di sore hari sambil memandang damainya Danau Towuti. Jangan lupa buat memanfaatkan liburan kamu di Danau Towuti buat memancing ikan di sana, ya!
Jalan menuju Danau Towuti dari pusat Kecamatan Towuti cukup dekat, dan bisa diakses oleh kendaran roda dua maupun roda empat, hingga sampai lokasi dermaga. Kunjungan terbaik saat cuaca sedang cerah.
Dari dermaga tersebut, bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan Danau Towuti bisa menyewa jasa speed boat, atau perahu yang sudah tersedia. Begitupun untuk sampai di pulau yang berpenghuni, dengan waktu tempuh penyebrangan sekitar 2 jam.Jika Anda merasa baik, pergilah ke danau ini untuk melihatnya!Semoga semakin menambah kebanggaan akan ragam potensi wisata yang ada di Indonesia.
Semoga Anda menyukai artikel ini, teruskan ke teman Anda untuk melihatnya!