Spot Paralayang Terbaik
Paralayang adalah salah satu olahraga ekstrem yang sukses menarik minat banyak orang untuk mencobanya.
Paralayang atau paragliding memang tergolong olahraga ekstrem. Meski ekstrem, peminatnya cukup banyak. Apalagi paralayang termasuk ke dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games. Berikut spot paralayang terbaik :
• Bir Billing (India)
Bir Billing merupakan nama dua desa yang disatukan karena kerap disebut sebagai desa kembar yang letaknya di Himachal Pradesh. Terletak di lembah Kangra, BirBilling menjadi lokasi paralayang terbaik di India dengan suguhan pemandangan pegunungan yang indah. Titik start dari paralayang dimulai dari desa Billing dan berakhir di desa Bir. Karena cuaca di tempat ini kerap berubah, waktu terbaik mengunjungi Bir Billing adalah antara bulan Oktober dan Juni. Sebaiknya hindari bulan Desember hingga Januari karena cuaca akan semakin terasa dingin.
• Grindelwald, Swiss
Swiss adalah negara yang memiliki banyak dataran tinggi, salah satunya adalah Desa Grindelwald. Di tempat ini adalah sebuah lokasi paralayang yang terletak di ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut. Air terjun, Geyser, hingga hamparan puncak gunung adalah pemandangan yang bisa dilihat di sini.
• Jungfrau (Switzerland)
Sebagai negara yang dikenal dengan area pegunungan terutama pegunungan Alpen, Swiss menawarkan banyak kegiatan terutama paralayang yang bisa dinikmati di beberapa daerah. Namun, tempat terbaik untuk kegiatan paralayang adalah gunung Jungfrau yang areanya dilindungi oleh UNESCO. Di sini, pengunjung akan mulai terbang di puncak dengan ketinggian 7109 kaki dan disuguhi pemandangan pegunungan yang indah. Didukung cuaca yang baik, kegiatan paralayang dibuka untuk umum sepanjang tahun.
• Oludeniz (Turki)
Pemandangan unik lainnya juga ditawarkan di Turki, tepatnya di bagian Selatan yang terkenal dengan pantainya yang indah. Oludeniz merupakan sebuah laguna yang dapat dilihat dari udara saat kalian terbang dari gunung Babadag di ketinggian 2.000 meter. Tak hanya laguna dan pemandangan laut, pengunjung juga dapat menikmati jejeran pulau dengan bukit cantik yang dapat dilihat di udara. Waktu paralayang bisa bertahan selama 45 menit dan kalian dapat mendarat di pantai sekaligus menikmati kegiatan air.
• Gunung Banyak, Batu, Jawa Timur
Gunung Banyak juga kerap dijadikan sebagai lokasi perlombaan paralayang, baik tingkat nasional maupun internasional. Selain para profesional yang sering unjuk gigi di sini, para pemula juga bisa mencoba melakukan paralayang dengan ditemani instruktur.
• Matantimali, Palu, Sulawesi Tengah
Berlokasi di Desa Wayu Kecamatan Marawola Barat Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, pegunungan Matantimali merupakan salah satu spot paralayang terbaik yang ada di Indonesia, bahkan di dunia. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi kejuaraan paralayang berskala internasional, seperti Indonesia Open 2016. Tak heran kalau pegunungan Matantimali selalu jadi incaran para atlet paralayang untuk berlatih.
Dari ketinggian kurang lebih 2200 meter di atas permukaan laut (mdpl), atlet paralayang maupun pengunjung biasa dapat melihat Kota Palu dan sejumlah desa di Kabupaten Sigi dari ketinggian. Saking indahnya pemandangan yang disuguhkan oleh kawasan ini membuat mereka yang sedang terbang di udara tak ingin cepat-cepat mendarat.
• Queenstown, Selandia Baru
Queenstown adalah gudangnya kegiatan petualangan di Selandia Baru, banyak para pecandu adrenalin merusuh yang datang kemari untuk memuaskan hasratnya. Untuk kegiatan paralayang di sini, pengunjung bisa mengunjungi Puncak Coronet yang berada di ketinggian 1.150 meter di atas permukaan laut.
Itulah beberapa spot paralayang terbaik. Semoga bermanfaat!