Macam-Macam Jeruk Terpopuler
Siapa yang suka buah jeruk? Buah dengan cita rasa asam dan manis menjadi salah satu buah terfavorit karena mudah didapatkan.
Jeruk merupakan buah yang menyegarkan dan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang kaya akan vitamin C ini adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Bahkan di dunia ini ada banyak jenis minuman yang memiliki rasa jeruk karena buah ini sangat disukai oleh banyak orang. Berikut ini beberapa macam jeruk yang populer di dunia:
• Jeruk Tangerine
Jeruk tangerine pertama ditanam di Palatka, Florida pada tahun 1800-an. Jeruk tangerine atau juga dikenal di Indonesia sebagai jeruk keprok mendapatkan namanya karena jenis jeruk ini diimpor dari kota Tangier di Maroko. Banyak orang yang sering salah mengenali jeruk ini sebagai jeruk mandarin. Wajar saja, karena tangerine memang salah satu varietas jeruk mandarin. Ukuran tangerine mungil, sehingga sering disebut sebagai ‘baby oranges’. Sama seperti jeruk mandarin, rasa jeruk ini cenderung manis. Tidak sulit pula mengupas kulit buah jeruk ini karena tekstur kulitnya lembut dan tipis.
• Pamelo
Pamelo atau jeruk bali merupakan jenis jeruk sejati lainnya (non-hibrida) yang berukuran besar. Jeruk ini biasanya berdiameter 15 hingga 25 cm dengan berat sekitar 1 hingga 2 kg per buah. Pamelo memiliki daging berwarna putih kemerahan yang rasanya bisa manis, asam atau kombinasi keduanya.
Jeruk ini tidak selalu tersedia di pasaran karena biasanya hanya muncul pas musim panen saja. Karena kulitnya yang cukup tebal, maka diperlukan cara khusus untuk mengupasnya dengan benar. Di beberapa daerah di Indonesia kulit pamelo sering dijadikan makanan lain sejenis manisan yang disebut dengan kalua jeruk.
• Jeruk Lemon
Lemon adalah jenis jeruk yang tidak biasa dikonsumsi secara reguler. Akan tetapi, jeruk ini lebih banyak dipergunakan untuk keperluan kuliner, pengobatan, sebagai agen pembersih, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, lemon merupakan buah jeruk yang sangat serbaguna yang memiliki nilai besar di berbagai industri.
Karena rasa asamnya yang unik, jeruk lemon (jus dan kulitnya) sering digunakan dalam menyiapkan makanan dan minuman yang menyegarkan. Selain itu, kandungan asam sitrat yang tinggi dalam lemon membuatnya sering dimanfaatkan sebagai agen pembersih yang ampuh. Dihasilkan pula minyak esensial jeruk lemon untuk keperluan aromaterapi.
• Jeruk Satsuma
Dari namanya saja mungkin kalian bisa menebak kalau jenis jeruk yang satu ini berasal dari Jepang. Memang benar, jenis jeruk ini sudah tumbuh di Jepang sejak 700 tahun yang lalu. Rasanya manis, light, juicy, dan tidak ada bijinya. Di antara keluarga jeruk mandarin lainnya, satsuma ini paling mudah dikupas, paling empuk, sehingga mudah rusak. Sayangnya, jeruk satsuma sulit ditemukan di pasar segar.
• Jeruk Ponkam
Ini dia varietas jeruk mandarin yang sering terlihat di supermarket menjelang imlek tiba, jeruk ponkam. Packagingnya unik karena setiap jeruk dibungkus oleh plastik. Kulit jenis jeruk ini sedikit puffy sehingga makin memudahkan kita untuk mengupasnya. Buat para sweet tooth pasti suka dengan jenis jeruk ini. Rasanya sangat manis, bahkan kadang manisnya cukup berlebihan, teksturnya pun berair dan menyegarkan.
• Jeruk Purut
jeruk yang satu ini terkenal sebagai salah satu bahan utama dalam beberapa hidangan di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand dan Vietnam. Baik buah maupun daun jeruk purut keduanya merupakan bahan dapur yang sangat penting bagi kuliner Nusantara.
• Jeruk Darah
Jeruk darah atau blood orange memang paling jago membuat banyak orang penasaran. Bisa ditebak dari namanya, warna bagian dalam jeruk ini bukan orange, melainkan merah seperti darah, kadang ada yang maroon, atau pink gelap. Ukurannya lebih kecil dibanding jeruk lainnya. Kalian mungkin akan kesulitan saat mengupasnya karena tekstur kulitnya cukup tebal. Jenis jeruk ini cukup mudah dikenali karena ada tekstur bintik-bintik di permukaan kulitnya.
• Jeruk Seville
Punya diameter sekitar 7-8 cm, jenis jeruk ini jauh dari kata manis. Jeruk seville punya cita rasa asam, tajam, dan sedikit pahit. Jika diperhatikan lebih jauh lagi, kulit jeruk seville sangat tebal dan sedikit berminyak. Itulah kenapa jeruk ini sering digunakan sebagai sumber minyak essential. Jeruk seville biasanya digunakan dengan cara diperah atau untuk zest. Hampir tidak ada orang yang memakan jeruk ini mentah-mentah karena rasanya yang pahit. Air jeruk seville ini biasanya dicampur untuk sirup, cocktail, vinaigrettes, aioli, saus, bumbu atau untuk finishing olahan daging atau ikan. Sedangkan zest alias kulit jeruk ini dipakai sebagai perasa gula, garam, kuah, dan makanan yang dipanggang, seperti muffin, cake, dan roti.
• Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan buah dari keluarga jeruk-jerukan lainnya yang keberadaanya cukup mudah ditemukan. Tanaman jeruk nipis biasanya ditanam oleh keluarga-keluarga di halaman rumah mereka dan mengambil buahnya untuk dibuat minuman yang menyegarkan, penyedap masakan, hingga obat alami untuk meredakan gejala batuk, perawatan rambut. hingga agen pembersih. Buah yang disebutkan berasal dari kawasan Asia Tenggara ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi kesehatan.
Itulah beberapa macam-macam jeruk yang populer di dunia. Selain jeruk-jeruk di atas, masih ada jenis jeruk populer lainny. Semoga bermanfaat!