Tips Menata Ruang Tamu
Ruang tamu yang hangat dan nyaman tetapi juga cantik dalam penataan tentu menjadi idaman para penghuni rumah.
Banyak ide untuk membuat ruangan terlihat lebih menarik, apalagi ruang tamu menjadi salah satu area umum. Meski ruangan ini memang sempit, namun area ini menjadi ruangan untuk menjamu tamu baik keluarga, teman, atau tetangga. Berikut tips menata ruang tamu kecil agar terlihat mewah:
Hindari membeli kursi sofa yang terlalu besar
Meskipun cenderung dianggap mengambil terlalu banyak ruang, keberadaan sofa di ruang tamu sudah menjadi hal yang bisa dibilang wajib. Untuk kamu yang punya ruang tamu kecil, hindarilah membeli sofa yang ukurannya terlalu besar. Untuk mendapatkan kesan minimalis, kamu bisa memilih sofa dengan dua atau tiga dudukan saja. Kamu bisa padukan kursi sofa tersebut dengan coffee table kecil, baik yang terbuat dari kaca atau motif kayu.
Kreativitas adalah kunci
Kunci utama untuk menata desain ruang tamu adalah kreativitas. Untuk itu jangan ragu untuk bermain dengan berbagai elemen dekorasi, pola, tektur, warna dan juga penataan. Selain itu, kamu juga dapat berkreasi dengan menambahkan pencahayaan agar elemen yang kamu gunakan tampak pop-up.
Gunakan furnitur yang eye catching
Ruang tamu merupakan area yang pertama kali dilihat ketika seseorang datang berkunjung, untuk itu kamu perlu meletakkan objek yang dapat menarik perhatian. Misalnya dengan meletakkan satu objek dekorasi berukuran besar dengan warna yang nyentrik pada tengah ruangan. Alhasil, objek ini memiliki peran yang besar untuk menarik perhatian pengunjung.
Bangku Kayu dan Coffee Table di Ruang Tamu
Bosan untuk menaruh satu set sofa, coba untuk menempatkan bangku kayu dan juga coffee table sederhana. Sebenarnya, sudah banyak yang memadupadankan sofa, coffee table, dan bangku di ruang tamu. Bangku kayu minimalis dan juga coffee table dari kayu dengan hiasan di atas tentunya membuat ruang tamu tampil beda.
Ruang Tamu Berlantai Kayu 
Hal yang menarik dari ruang tamu kecil ini adalah sofa berwarna hijau gelap yang kontras dengan cat dinding. Selain itu, lantai kayu atau parket membuat ruang tamu ini tampil lebih berbeda dibandingkan ubin biasa.
Memilih Warna yang Aman untuk Ruang Tamu Kecil  
Tidak berani mengambil risiko untuk bermain warna? Pilih saja warna kalem seperti abu-abu muda untuk sofa dan tirai. Cat ruang tamu berwarna putih, begitu juga dengan coffee table, pajangan dinding, hingga bantal sofa. Jika kamu memang tidak suka warna yang kontras, pilihan warna seperti ini tentunya aman saja
Maksimalkan cahaya alami dengan jendela ukuran besar
Untuk menciptakan kesan ruangan yang lapang, pencahayaan alami merupakan salah satu pertimbangan yang paling penting. Selain pemilihan warna cat rumah seperti cat warna netral atau pastel, ukuran jendela besar juga bisa menciptakan efek luas untuk ruang tamu kecil.
Ruangan dengan Banyak Pernak Pernik 
Ruang tamu ini tidak hanya penuh dengan sofa, kursi ottoman, coffee table, hingga meja konsol.  Namun, ada juga dua rak yang berisi dengan tanaman di dalam pot, selain juga ada tanaman di coffee table. Selain itu, ada pajangan di dinding berupa foto dan lainnya, tidak usah ragu untuk mendesain ruang tamu seperti ini. 
Demikianlah tips dekorasi ruang tamu kecil yang mewah. Semoga bermanfaat!