Mengenal Penguin
Penguin atau pinguin merupakan hewan kelompok burung akuatik yang tidak bisa terbang dan biasanya hidup di daerah dingin.
Penguin adalah salah satu hewan dari keluarga Aves atau Burung. Namun demikian, Penguin tidak bisa terbang layaknya burung lain yang mampu terbang, sebaliknya ia menggunakan sayapnya sebagai dayung yang hebat saat berenang dan menjaga keseimbangan tubuhnya saat ia berjalan dan meluncur di atas es.
Sebagian besar Penguin hidup di belahan bumi selatan atau Antartika dan sebagian kecil lainnya hidup di daerah tropis seperti kepulauan Galapagos. Penguin yang hidup di belahan bumi selatan yang dingin pada umumnya adalah Penguin-penguin dengan ukuran tubuh yang besar seperti Penguin Kaisar (Aptenodytes forsteri), sedangkan Penguin yang ukuran tubuhnya lebih kecil seperti Penguin Peri (Eudyptula Minor) lebih memilih untuk menempati daerah tropis yang lebih hangat.
Tak diragukan lagi bahwa penguin (Spheniscidae) disenangi oleh banyak orang di seluruh dunia karena penampilannya yang kekar dan berkaki pendek, yang membuatnya terlihat menggemaskan. Di antara karakteristik lainnya, penguin memiliki tinggi berkisar dari sekitar 35cm dan berat berkisar dari sekitar 1kg.
Setiap penguin memiliki ciri khusus berupa warna putih di sebelah dalam tubuhnya dan warna gelap (biasanya hitam) di sebelah luar tubuh. Hal ini berguna untuk kamuflase. Hewan pemangsa seperti singa laut dari dalam air akan sulit untuk melihat penguin karena perutnya yang berwarna putih bercampur dengan pantulan permukaan air laut. Sedangkan permukaan gelap pada punggungnya juga menyamarkan penguin dari pandangan hewan pemangsa di atas air.
Demikianlah informasi mengenai penguin. Semoga bermanfaat!