Canyon Terdalam
Canyon terbentuk terutama karena pergerakan tektonik yang menyebabkan permukaan naik dengan cepat dan penurunan yang mendalam dalam waktu geologis yang panjang.
Proses ini biasanya terkait dengan pergerakan lempeng tektonik, di mana lempeng-lempeng Bumi bergerak terhadap satu sama lain atau menjauhi satu sama lain.
Ketika dua lempeng bertemu, terjadi kompresi, yang dapat menghasilkan pegunungan dan pegunungan tinggi. Di sepanjang perbatasan lempeng ini, terjadi patahan yang menghasilkan retakan besar di kerak Bumi. Saat waktu berjalan, erosi oleh air, angin, dan gletser berlangsung secara terus-menerus di wilayah ini. Air hujan mengalir ke dalam celah dan retakan yang ada di kerak, mengikis batuan-batuan di sekitarnya. Proses ini berlangsung selama jutaan tahun dan secara perlahan membentuk lembah dalam yang dalam dan sempit yang dikenal sebagai canyon.
Selama proses ini, lapisan-lapisan batuan yang berbeda dengan karakteristik fisik yang berbeda juga tererosi dengan tingkat yang berbeda. Ini menghasilkan formasi geologis yang menarik dan beragam, seperti perbedaan warna dan tekstur di dinding canyon. Salah satu contoh yang paling terkenal dari proses ini adalah Grand Canyon di Amerika Serikat, yang merupakan contoh klasik dari pembentukan canyon melalui pergerakan tektonik dan erosi alam yang berlangsung berjuta-juta tahun.
Berikut adalah beberapa canyon terdalam di dunia.
1. Brahmaputra Grand Canyon
Pada tahun 1994, Yarlung Zangbo Grand Canyon diakui sebagai canyon terdalam di bumi, dengan panjang total 504,6 meter. Bagian terdalamnya berada pada kedalaman 6009 meter. Yarlung Zangbo Grand Canyon memiliki gunung tinggi dan lembah dalam, aliran air yang bergejolak, dan curah hujan tahunan 4500-10070 mm. Keunggulan geografis yang unik ini membuat Yarlung Zangbo Grand Canyon menjadi tempat dengan sumber air terkaya di dunia.
2. Capertee Canyon, Australia
Capertee Gorge adalah canyon terbesar di Australia. Dikenal karena medannya yang bergunung dan tebing batu pasir yang tinggi. Di sini, Anda dapat menikmati banyak pemandangan unik, seperti hutan hujan musim, wilayah batu, rawa tinggi dan rendah, hutan, sungai, dan lain-lain. Menurut catatan, seorang penambang menemukan 77 batu permata di dasar canyon dalam 6 hari.
3. Kali Gandaki Gorge, Nepal
Orang-orang telah memperdebatkan kedalaman Kali Gandaki Canyon. Sulit bagi Anda untuk membayangkan bahwa itu adalah lautan pada zaman kuno. Kali Gandaki Gorge dikelilingi oleh pegunungan Himalaya, tetapi lebih tua dari Himalaya. Ada sungai Kali Gandaki misterius di sini, yang berwarna abu-abu hitam sepanjang tahun karena emban glasial, melambangkan kematian.
4. Yuhe Grand Canyon
Fish River Grand Canyon terletak di Afrika. Itu bukan hanya canyon terbesar di Afrika, tetapi juga salah satu canyon terbesar di dunia. Terdapat tebing curam di kedua sisi canyon, dan sungai panjang yang dalam di bawahnya. Ini menarik orang-orang dari seluruh dunia untuk datang ke sini setiap tahunnya.
5. Colca Canyon
Colca Canyon adalah grand canyon di Pegunungan Andes di Peru. Panjang total canyon sekitar 90 kilometer, dikelilingi oleh dataran tinggi Andes dan pegunungan bersalju, pemandangan sangat indah. Juga terdapat banyak hewan liar yang tinggal di taman alam sekitarnya.
6. Great Rift Valley
Great Rift Valley adalah zona retakan terbesar di daratan dunia. Dari foto satelit, Great Rift Valley di Afrika Timur terlihat seperti luka besar. Great Rift Valley di Afrika Timur dikenal sebagai "Luka di Bumi".Ketika Anda naik pesawat melintasi Samudra Hindia yang luas dan memasuki khatulistiwa di benua Afrika Timur, pandanglah ke bawah dari jendela, dan Anda akan menemukan "goresan pisau" besar di tanah di depan Anda. Ini adalah Rift Valley Afrika Timur yang terkenal.
7. Cotahuaxi Canyon
Cotahuaxi Canyon terletak dekat Arequipa, Peru, dengan kedalaman sekitar 3535 meter, dua kali lebih dalam dari Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat. Keindahan alam dan dramatisasi dari canyon ini menjadikannya salah satu daya tarik utama di wilayah tersebut. Dengan pemandangan lanskap yang spektakuler, dinding-dinding curam, dan aliran sungai yang mengalir di dasarnya, Cotahuaxi Canyon adalah tempat yang menakjubkan bagi para petualang dan penggemar alam.