Jenis-Jenis Cermin
Cermin adalah benda yang bisa memantulkan cahaya sebuah benda yang ada di depannya.
Cermin jadi benda yang kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya cermin digunakan untuk bersolek atau membenahi diri. Cermin sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Cermin dapat digunakan dalam banyak hal, seperti sebagai alat bantu dalam berdandan, alat bantu melihat persimpangan di gang sempit, alat bantu melihat belakang pada kendaraan bermotor atau sering disebut spion, dan masih banyak lainnya.
Cermin yang ada dibuat dari berbagai bahan termasuk batu, tembaga, dan perunggu. Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai berbagai macam cermin. Berikut ini penjelasan jenis-jenis cermin dan fungsinya:
Cermin Datar
Cermin datar jadi yang paling umum ada di setiap rumah. Cermin datar ini menghasilkan dua macam bayangan yakni bayangan nyata dan bayangan maya atau semu. Bayangan nyata terjadi karena sinar-sinar pantulnya saling berpotongan. Jika bayangan maya atau semu itu terjadi karena perpotongan perpanjangan sinar pantul. Adapun sifat bayangan cermin datar yaitu tegak, maya, dan sama besar.
Cermin cekung
Cermin Cekung adalah cermin yang permukaannya cekung dan bersifat konvergen (mengumpulkan sinar). Cermin cekung dapat membentuk bayangan nyata dan semu dari sebuah benda. Bayangan nyata terbentuk kalau benda jauh dari cermin. Adanya bayangan semu terbentuk kalau benda dekat dengan cermin. Bayangan semu biasanya lebih besar dari bendanya. Bayangan nyata adalah bayangan yang dapat ditangkap pada layar. Bayangan semu adalah bayangan yang tidak dapat ditangkap pada layar. Cermin cekung banyak dijumpai pada lampu senter atau lampu sorot mobil sebagai reflektor. Reflektor membuat sinar yang dikeluarkan lampu senter dan lampu mobil menyebar, meski lampu mobil dan senter kecil.
Cermin cembung
Jenis cermin selanjutnya ialah cermin cembung yang mudah ditemukan pada persimpangan jalan. Cermin cembung banyak digunakan dalam transportasi. Selain persimpangan jalan, cermin cembung digunakan di spion motor, mobil, truk, hingga bus.
Itulah penjelasan jenis jenis cermin. Semoga bermanfaat!