Planet Bumi
Bulan merupakan objek luar angkasa yang terdekat dengan bumi, dengan jarak jauh rata-rata sekitar 380.000 km dari bumi.
Bulan merupakan objek luar angkasa yang sering dijelajahi oleh manusia dan merupakan satu-satunya planet yang berhasil dipijaki oleh manusia.
Hal tersebut terjadi sekitar setengah abad yang lalu, dimana manusia berhasil mendarat di bulan.
Walaupun setelah setengah abad telah berlalu, manusia tetap melakukan penjelajahan ke bulan.
Manusiapun berhasil menciptakan dan mengirim satelit buatan untuk mengitari bulan.
Dari satelit tersebut kita dapat melihat bagaimana penampakan bumi yang dilihat dari bulan, ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa tampak bumi dari bulan membuat orang-orang merasa takut. Mengapa begitu?
Karena tidak semua orang bisa pergi ke bulan, dan pada saat itu hanya 12 orang astronot yang berhasil menginjakkan kakinya di bulan. Jadi, tidak banyak orang yang tahu rasanya pengalaman pergi ke bulan, hanya astronot-astronot tersebutlah yang tahu bagaimana perasaan mereka saat berada di bulan.
Astronot-astronot tersebut tau bahwa mendaratkan pesawat luar angkasa di bulan itu penuh dengan resiko. Selain itu jarak bulan yang jauh dari bumi, membuat para astronot menyadari resiko besar yang mereka hadapi untuk pergi ke bulan.
Namun, ketika para astronot berhasil sampai di bulan, berbagai perasaan pasti muncul dibenak mereka. Mungkin termasuk perasaan gembira, kesepian, ketakutan, dan sebagainya.
Namun tetap saja, pengalaman ini merupakan pengalaman pertama dalam sejarah manusia yang berhasil mencapai planet asing diluar bumi.
Jadi, bagaimana penampakan bumi jika dilihat dari bulan?
Pada saat malam hari tiba, bulan akan muncul untuk memantulkan cahaya dari matahari, itulah sebabnya ketika malam hari bumi tidak sepenuhnya menjadi gelap, dan begitu juga dengan bumi yang memantulkan sinar matahari.
Namun, karena diameter bumi yang lebih besar dari bulan, besarnya wilayah bumi yang terlihat dari ruang angkasa setara dengan 16 kali dari bulan, Dan terangnya cahaya yang dipantulkan bumi bisa mencapai 16 kali dari bulan.
Oleh karena itulah, penampakan bumi terlihat sangat besar dan terang jika dilihat dari bulan.
Hal ini juga disebabkan oleh posisi bulan yang menghadap ke bumi terkadang bisa sangat terang walaupun tanpa pantulan sinar matahari secara langsung.
Selain itu, kita sudah terbiasa dengan terangnya cahaya bulan dan juga ukuran bulan itu sendiri.
Jadi, ketika kita melihat bumi dari posisi bulan, yang dimana akan membuat bumi terlihat lebih besar, kita akan merasa takut karena bumi terlihat lebih besar dari yang kita bayangkan. Selain itu, kita tahu bahwa bumi berotasi dengan kecepatan 465.2m/s, dan ketika kamu berada di bulan dan melihat bumi yang sedang berotasi kamu akan merasa pusing. Karena planet bumi terlihat berbeda jika kita melihatnya dari planet lain.