Menanam Bergamot
Bergamot bisa dibudidayakan sebagai tanaman pot atau dijual sebagai buah. Tanaman ini tersedia dalam dua warna: kuning atau hijau. Tanaman ini termasuk jenis buah citrus dan minyak esensial yang digunakan dalam banyak resep. Ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk teh, selai jeruk, dan makanan penutup buatan sendiri nih.
Bergamot bunga putih dan bergamot bunga merah, serta bunga bergamot safflower berwarna merah.
Bergamot menyukai iklim yang hangat. Bergamot biasanya mekar 2-3 kali dalam setahun. Bunga bergamot mekar sekitar musim semi setiap tahunnya di bulan April.
Puncak buah bergamot membelah seperti jari, yaitu yang disebut tangan terulur; bergamot mekar di musim panas setiap tahun sampai puncaknya terbelah, sehingga sering disebut semi-meregang dan semi-kepalan tangan.
Bergamot mekar di musim gugur, yang dikenal sebagai "buah musim gugur", ujung depan buahnya tidak retak tetapi bentuknya seperti kepalan tangan, sehingga disebut petinju. Namun, sebagian besar buah "safflower bergamot", baik di musim panas maupun musim gugur, berbentuk petinju.
Ketika bergamot ditanam, bunga ini tidak akan mudah untuk berakar, serta sulit untuk berbunga dan berbuah, tetapi dapat berbuah jika metode penanamannya diperhatikan dan dirawat sebaik mungkin. Budidaya bergamot umumnya mengadopsi metode pemotongan bergamot atau metode budidaya cangkok.
Bergamot umumnya dapat dipotong pada musim semi atau musim panas setiap tahunnya, dan paling cocok ketika tunas mulai bertunas sebelum setiap pertumbuhan tunas.
Pilih ranting bergamot yang kokoh, lalu potong stek dengan panjang 8/10cm, buang daun bagian bawah, sisakan beberapa daun di bagian atas, lalu masukkan stek bergamot ke dalam sekitar 2/3 bagian stek jauh di dalam tanah.
Tanah budidaya bergamot dapat dibuat dari campuran tanah kebun dan pasir atau pasir kasar. Bergamot harus disemprot dengan air agar tetap lembab setelah dimasukkan ke dalam tanah, kemudian dipelihara di tempat yang teduh dan berventilasi.
Umumnya, bergamot dapat berakar setelah sekitar 60 hari, setelahnya cukup menunggu cabang dan daun baru tumbuh untuk menghasilkan bibit yang lebih panjang dan ditanamkan ke dalam pot kecil.
Budidaya bergamot dengan stek dapat dilakukan pada musim semi atau bulan April setiap tahun, yang berumur lima atau enam tahun umumnya digunakan sebagai batang bawah.
Bergamot dapat dipotong dan dibudidayakan pada musim semi, musim panas dan musim gugur kecuali di musim dingin, dan lebih baik dipotong dan diperbanyak pada bulan April atau Mei setiap tahunnya. Stek atau cangkok tanaman bergamot dalam pot, jika dikelola dengan baik, umumnya dapat berbuah dalam tiga atau empat tahun.