Wow! imut-imut sekali!
Penguin terkenal karena lucu dan menawan, dan tidak ada binatang yang lebih lucu daripada penguin, setuju tidak? Gerak-geriknya seperti berjalan, dan mengepakkan sirip kecilnya, membuat kita yang melihatnya sangat gemas.
Pinguin (Aptenodytes Forsteri) kebanyakan ditemukan di belahan bumi bagian paling selatan yaitu di Antartika. Walaupun begitu, ada juga spesies penguin yang hidup di bagian utara bumi yaitu di pulau Galapagos. Penguin menghabiskan 75% waktunya di dalam air.
Berikut adalah 20 fakta unik dan menarik pinguin yang mungkin kamu belum ketahui. Semoga bermanfaat.
1. Penguin merupakan burung yang tidak bisa terbang.
2. Sebagian besar bayi penguin memiliki bulu halus.
3. Penguin mampu menyelam dalam air dengan bantuan tulang mereka yang padat dan berat.
4. Penguin memiliki tulang dada dan otot dayung besar yang membantu mereka berenang dengan kecepatan hingga 60 km per jam.
5. Saat berenang, penguin sering ‘melompat’ keluar dari air. Hal ini membantu penguin bernapas serta sebagai upaya menghindar dari predator.
6.Peguin liar dapat hidup antara 15 sampai 20 tahun. Penguin akan menghabiskan 75 persen waktunya di dalam air semasa hidupnya.
7. Penguin berkembang biak waktu dalam koloni besar yang disebut rookeries.
8. Penguin yang hidup lebih dekat ke Khatulistiwa memakan ikan sedangkan yang hidup lebih dekat dengan Antartika makan cumi-cumi.
9. Tubuh penguin tetap hangat dengan bantuan lapisan tebal lemak dan bulu anti air.
10. Penguin berukuran kecil mendiami iklim hangat sedangkan spesies yang lebih besar ditemukan di iklim yang lebih dingin.
11. Penguin ditemukan di setiap daratan di belahan bumi selatan, dari Kepulauan Galapagos di Amerika Selatan hingga Antartika.
12. Penguin memiliki satu pasangan seumur hidup.
13. Penguin jantan bertugas mengurus telur dan melindungi dari cuaca dingin dengan menempatkannya pada kaki mereka. Penguin jantan berdiri dalam posisi seperti itu selama hampir dua bulan tanpa makanan.
14. Penguin betina biasanya pergi berburu makanan untuk dirinya sendiri serta untuk anak penguin yang masih muda. Setelah itu, penguin jantan meninggalkan anak dalam perawatan induknya untuk berburu makanan buat dirinya sendiri.
15. Penguins berkomunikasi satu sama lain dengan bahasa isyarat menggunakan gerakan sirip dan kepala.
16. Mata penguin dapat melihat lebih tajam ketika di bawah air dibandingkan di daratan. Bahkan, air sekeruh apa pun, penguin masih bisa melihat mangsanya.
17. Predator alami penguin diantaranya adalah anjing laut dan paus pembunuh.
18. Anak penguin dirawat bergantian oleh jantan dan betina.
19. Penguin Raja dan Penguin Kaisar umumnya hanya bertelur satu butir setiap kalinya, sementara spesies lain bertelur dua butir.
20. Penguin Peri merupakan spesies penguin terkecil dengan berat berkisar 1 kg, sedang spesies terbesar adalah Penguin Kaisar yang memiliki berat hingga 45 kg.
Semoga Anda menikmati artikel ini!