Mengenal Burung Kolibri
Burung Kolibri merupakan istilah yang disebutkan oleh para kicau mania dari nama burung-madu.
Burung kolibri menjadi jenis burung kicau yang tak kalah merdu dari jenis burung kicau lainnya. Tak hanya itu, burung kolibri juga memiliki warna bulu yang begitu cantik. Bahkan, burung ini memiliki ciri khas dari caranya menirukan suara burung lain seperti Cililin dan Kenari. Keluarga kolibri memiliki sejumlah jenis diantaranya ialah sepah raja, ninja, manggar dan sriganti.
Burung yang dikenal dengan sebutan sunbird ini identik dengan paruh melengkung berwarna cerah dengan bulu berwarna-warni. Berbeda dari jenis mungil lainnya  seperti burung trucukan. terutama pada jantan terdapat sekitar 145 sub-spesies dengan 16 genus yang tersebar di berbagai belahan dunia dan sebagian dapat dijumpai di Indonesia.
Ukuran burung kolibri sangat kecil dengan perawakan yang menggemaskan. Kolibri mempunyai warna bulu dan sayap yang indah. Semakin kecil ukurang kolibri maka kepakan sayapnya bertambah cepat.
Dalam satu detik burung akan mengepak sayap sebanyak 15-80 kali tergantung dari jenisnya. Ada suara berdengung yang ditimbulkan saat mengepak yang membuatnya tampak istimewa. Ia merupakan penerbang yang handal dan bergerak dengan cepat.
Penampilan dari burung kolibri ini sangat indah dengan dihiasi oleh bulu-bulunya yang memiliki warna yang sangat bervariasi. Yaitu seperti kolibri yang berwarna hitam, merah, ungu, kuning, hijau, biru, coklat, orange, dan abu-abu, dengan campuran warna berkilau dibeberapa tubuhnya. Burung kolibri memiliki paruh melengkung ke bawah yang panjang dan lidah tubular berujung seperti sikat untuk mengambil nektar tanaman.
Demikianlah uraian mengenai burung kolibri. Semoga bermanfaat!