Ciri Fisik Kucing Persia
Kucing persia asli memiliki beberapa ciri fisik yang bisa dengan mudah dikenali.
Kucing persia memiliki ciri khas fisik dengan bulu panjang lebat, wajah bulat, dan bentuk hidung yang pesek dan menggemaskan. Pada umumnya, karakter dari kucing persia cenderung tenang. Sifatnya pun manja dan akan sering menempel pada pemiliknya. Berikut ini ciri fisik kucing persia:
Kepala
Ciri fisik kucing juga cukup khas dikenali dari bentuk wajahnya. Kucing persia memiliki kepala dengan ukuran besar dan bulat. Diameter kepala kucing lebih besar dibandingkan dengan kepala kucing lainnya. Tulang rahang kucing sangat kokoh, dengan tulang pipi yang sedikit menonjol. Bentuk dahi, hidung dan dagu tegak lurus dengan leher yang tebal dan pendek. Ukuran telinga kucing kecil dan tipis dengan bentuk yang bulat, cenderung maju ke depan, lurus dan tidak terlalu tinggi.
Bulu tebal
Jenis kucing ini memiliki bulu panjang atau long hair. Tekstur bulu Persia halus, lembut, dan berkilau. Panjang bulu sekitar 5-15 cm dan menutupi seluruh bagian tubuh kecuali wajah.
Mata
Kucing memiliki berbagai macam bentuk mata. Bentuk mata sebagai ciri fisik kucing persia yaitu bulat, lebar, dan terlihat ekspresif. Sedangkan warna mata biasanya menyesuaikan dengan warna bulunya. Misalnya kucing persia berbulu putih memiliki warna mata biru atau coklat tembaga, kucing persia bulu silver dan emas memiliki warna mata hijau atau biru-kehijauan, dan lain sebagainya. Pada beberapa kucing juga dapat memiliki mata heterochromia yang cukup unik, yaitu warna mata yang berbeda antara kiri dan kanannya.
Telinga kecil
Kucing asal Turki ini memiliki telinga berukuran kecil dan ujung membulat. Jarak antar telinga relatif jauh. Bagian pangkal telinga tidak terlalu terbuka, sedangkan di bagian ujung melengkung dan menghadap ke bawah.
Ekor panjang dan berbulu tebal
Kucing Persia memiliki ekor tebal dan lurus. Bagian ekor ini memiliki bulu tebal dan proporsional sesuai tubuh.
Badan bulat
Umumnya Kucing Persia memiliki tubuh bulat, pendek, dan bertubuh besar. Kucing ini disebut tipe cobby  yang memiliki kaki pendek besar, pundak lebar, dan kepala melingkar.
Warna
Kucing persia memiliki banyak warna bulu yang diminati. Di antaranya putih, merah, krem, hitam, biru, coklat, silver, emas, calico, dan beberapa lainnya. Warna bulu kucing persia bisa saja polos ataupun terdiri dari beberapa warna dengan pola yang berbeda.
Nah itulah beberapa ciri fisik kucing persia, jangan sampai salah mengenali ya. Semoga bermanfaat!