Jenis Ikan Cupang Termahal
Mengoleksi ikan cupang merupakan hobi segala usia. Pesona ikan mungil ini tak kalah dengan jenis ikan hias lainnya.
Dari sejarahnya, ikan cupang berasal dari Asia dan mudah ditemui di daerah-daerah Asia Tenggara. Ikan dengan nama lain Betta Sp ini tergolong hewan yang cukup sensitif dan mudah stres jika tidak mendapatkan perawatan yang baik.
Ada beberapa faktor yang membuat sebagian jenis cupang ditaksir dengan harga lebih mahal, di antaranya bentuk tubuhnya yang unik, bobot, kemampuan bertarung, hingga warna yang eksotik dan langka. Berikut jenis ikan cupang termahal:
Ikan Cupang Double Tail
Ciri khas unik dari ikan cupang Double Tail ini adalah ekornya yang terbelah menjadi dua dengan gradasi warna berbeda yang tampak seperti sembur. Memiliki banyak peminat, ikan cupang jenis ini tergolong cukup langka. Sehingga membuat harga dari ikan cupang jenis ini menjadi cukup mahal. Double Tail ini dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 2 juta
Ikan Cupang Koi
Bentuk cupang unik dan warnanya cerah, membuatnya menjadi favorit banyak orang, Seperti ikan koi biasa, warna koi cupang terbatas pada merah, hitam, biru, oranye, dan putih saja. Walau begitu, siripnya yang lebar dan bulat membuat ikan ini terlihat menonjol dan mahal. Satu cupang koi dijual seharga kurang lebih Rp150-200 ribu.
Cupang Black Samurai
Black Samurai merupakan jenis cupang yang unik.
Tidak heran kalau jenisnya merupakan salah satu dari ikan cupang termahal dan terlangka. Memiliki nama lain Black Mamba, ikannya berbalut warna hitam pekat dengan corak terang. Oleh karena langka dan cantik, ikannya dihargai sekitar Rp150-400 ribu.
Ikan Cupang Fancy
Di Indonesia, ikan ini dipatok seharga Rp 300 ribu per ekornya. Sementara itu, di sebuah acara lelang online di Thailand, cupang Fancy terjual seharga Rp 10 juta. Ikan dengan keunikan garis warna tunggal di tubuh bagian depannya ini memiiki gradasi bentuk dan warna ekor yang begitu cantik dan anggun ketika meliuk-liuk di dalam akuarium. Selain itu, ikan cupang Fancy bisa menjadi petarung yang andal.
Ikan Cupang Plakat
Penamaan ikan cupang Plakat berasal dari istilah di Thailand yang berarti laga atau pertarungan. Kendati memiliki warna yang anggun dan menawan, ikan ini bisa jadi menakutkan di arena pertarungan. Ikan dengan ekor pendek yang kokoh ini dibanderol seharga Rp 1 juta di berbagai marketplace.
Ikan Cupang Kanchen Worachai
Ikan cupang Kanchen Worachai disebut-sebut sebagai ikan cupang termahal karena memiliki harga mencapai Rp 22 juta. Kancen worachai memiliki warna yang mirip dengan bendera Thailand. Ikan cupang ini diberi nama oleh pemiliknya dengan Kancen Worachai yang merupakan salah satu daerah atau kota yang ada di Negeri Gajah Putih alias Thailand.
Ikan Cupang Nemo
Jenis ikan cupang Nemo adalah ikan cupang yang tergolong langka. Ikan cupang nemo memiliki tubuh yang kecil dengan karakteristik warna yang mencolok seperti ikan nemo. Ikan cupang jenis ini bisa dibanderol mulai harga Rp 40 ribu sampai dengan Rp 400 ribu per ekor.
Ikan Cupang Giant
Ikan cupang yang dikembangkan melalui perkawinan silang cupang plakat dengan jenis lainnya ini dapat mencapai ukuran terbesar hingga 12 sentimeter (cm). Adapun jenis ikan cupang Giant yang populer di pasaran, seperti Crown Tail Giant, Double Tail Giant, dan Halfmoon Giant. Di suatu situs marketplace, ikan cupang Giant dijual seharga Rp 400 ribu per ekor.
Ikan Cupang Slayer
Ikan cupang jenis slayer adalah persilangan antara cupang serit dan cupang halfmoon. Ikan jenis ini memiliki karakteristik yang unik dengan sirip nya yang lebar dan lembut seperti cupang halfmoon dan tubuhnya yang ramping seperti cupang serit. Ikan cupang slayer dewasa umumnya dijual pada kisaran harga Rp 250 ribu sampai dengan Rp 300 ribu per ekornya.
Nah itulah beberapa jenis ikan cupang termahal. Semoga bermanfaat!