Fakta Unik Zebra
Zebra adalah hewan berwarna hitam dan putih yang hidup di Afrika.
Zebra yang bisa kita temui di kebun binatang lokal ini termasuk hewan liar yang gak bisa dijinakkan. Salah satunya sebagai hewan yang satu keluarga dengan kuda, zebra bukan termasuk hewan yang bisa dipelihara atau pun ditunggangi. Berikut beberapa fakta menarik zebra:
Tidak Bisa Tidur Sendiri
Salah satu golongan hewan yang tidur dengan berdiri adalah zebra, seperti halnya kuda dan gajah. Ketika tidak dalam keadaan makan atau berkelana, zebra biasanya mengambil kesempatan tersebut untuk tidur.
Namun, kondisi zebra tertidur juga ternyata ada syaratnya, lho. Mereka hanya bisa tidur ketika berada dalam kelompok besar. Hal ini bertujuan agar zebra selalu siaga dalam keadaan bahaya sekali pun. Tidur dengan berdiri juga memudahkan kawanan zebra untuk mendekat antara satu sama lainnya dengan cepat saat dalam keadaan bahaya. Diketahui, ternyata zebra termasuk dalam hewan sosial yang selalu hidup dalam kawanan.
Motif garis pada tubuh zebra bisa bekerja selayaknya barcode
Bagi para ilmuwan, mantel bercorak unik zebra merupakan acuan untuk mengidentifikasi berat badan, postur tubuh, hingga tipe kehamilan. Sehingga, dapat dikatakan pola bergaris ini bekerja layaknya barcode yang bisa memindai informasi tertentu pada zebra.
Zebra memiliki masalah serius dengan populasinya
Terdapat tiga spesies zebra: zebra gunung, zebra grevy, dan zebra dataran. Zebra grevy atau yang juga dikenal zebra primitif adalah jenis yang paling terancam populasinya karena kerusakan habitat dan perburuan liar.
Di alam liar, diperkirakan hanya 2 ribu zebra grevy yang tersisa. Serupa dengan nasib kerabatnya, zebra gunung mengalami posisi rentan punah karena hilangnya habitat dan jumlah. Zebra gunung diperkirakan hanya 9 ribu. Beruntungnya, spesies zebra dataran hidup dengan baik dan jumlahnya masih aman.
Rela berjalan jauh demi makan rumput
Zebra sangat suka makan rumput, terutama rumput segar. Untuk mendapatkan rumput segar, zebra rela berjalan jauh. Perjalanan untuk mencari rumput segar itu bisa sampai ribuan kilometer.
Meskipun sekilas mirip kuda, zebra tidak bisa dijinakkan
Kuda dan zebra punya profil tubuh yang mirip, namun ada perbedaan yang mencolok di antara keduanya, yaitu sifat agresif zebra yang lebih menonjol dibanding kuda yang bisa dijinakkan.
Zebra dan kuda ibarat serigala dan anjing. Mereka berdua sekilas tak berbeda, tapi punya sifat yang bertolak belakang.
Pintar Kamuflase
Warna kulit belang yang dimiliki zebra juga ternyata menguntungkan bagi mereka. Selain sebagai daya tarik yang unik, seperti dikutip dari National Geographic Kids, kulit zebra dapat berfungsi untuk membingungkan para pemangsa atau serangga.
Selain itu, kulit belang ini juga membantu zebra si hewan sosial dalam mengenali kawanan satu sama lainnya.
Itulah fakta unik tentang zebra, manakah yang belum kamu ketahui? Semoga bermanfaat!