Jenis Kucing Berbulu Pendek
Salah satu pertimbangan yang kerap muncul adalah memilih antara kucing ras berbulu pendek atau berbulu panjang.
Jenis kucing berbulu pendek bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin memelihara kucing dengan perawatan mudah. Kucing merupakan peliharaan paling populer yang pernah ada. Tingkahnya yang lucu dan wajahnya yang menggemaskan membuat binatang ini jadi penghilang stres yang ampuh. Apa saja jenis kucing bulu pendek? Berikut informasinya!
Burma
Kucing Burma adalah kucing berukuran sedang dengan tubuh yang kuat, berotot, kepala bulat, dan mata emas yang ekspresif. Jenis kucing ini termasuk kucing yang cerdas dan penyayang.
Bulu kucing burma pendek, dan berkilau halus seperti sutra. Jenis kucing ini hanya membutuhkan perawatan minima dengan menyikat bulunya seminggu sekali.
British Shorthair
Jenis kucing bulu pendek berikutnya adalah British shorthair yang merupakan ras kucing tertua di Inggris. Kucing ini memiliki rahang yang tebal, tulang yang besar, dan badan gempal atau gemuk. Hewan yang satu ini merupakan jenis kucing peliharaan populer karena terkenal tenang dan bisa beradaptasi dengan anak-anak.
Russian Blue
Seperti namanya, kucing ini berasal dari Rusia dan bulunya berwarna biru. Meskipun warnanya tampak abu-abu, biru adalah istilah khusus yang digunakan untuk mendeskripsikan warna tertentu pada beberapa kucing dan anjing. Bulu jenis kucing ini biru berkilau dengan corak keperakan. Bulu kRussian Blue yang pendek, padat, dan mewah sangat mudah dirawat. Bulunya secara alami tidak banyak rontok. Menyikat sesekali akan membuat bulu tetap lembut dan halus.
Siamese
Memiliki mata biru cerah dengan bulu putih kecokelatan, kucing Siamese memang sangat mudah untuk dikenali. Nama Siamese berasal dari tempat ditemukannya kucing ini, yakni negeri Siam atau Thailand. Siamese memiliki kepribadian yang sangat aktif dan senang bersosialisasi dengan banyak orang.
Bengal
Bengal adalah kucing yang cantik, pintar, dan memiliki penampilan khas kucing liar. Meski tampak menakutkan, kucing ini ternyata sangat penyayang dan mudah untuk dirawat. Bulu kucing Bengal cukup pendek, sehingga tidak memerlukan perawatan khusus untuk membuat bulunya mengilat.
Chartreux
Secara tidak resmi, Chartreux dikenal sebagai kucing nasional Perancis. Terlepas dari kisah asalnya, Chartreux memiliki hubungan yang kuat dengan Prancis sejak berabad-abad yang lalu.
Chartreux dikenal dengan mata oranye dan tubuhnya yang kokoh dan berotot selain moncongnya yang meruncing muncul di sudut, memberikan Chartreux ekspresi tersenyum.
Exotic Shorthair
Exotic Shorthair adalah jenis kucing yang masih berkerabat dekat kucing Persia. Exotic Shorthair pada awalnya dibiakkan sebagai alternatif perawatan yang mudah dibandingkan kucing Persia. Sementara Persia membutuhkan perawatan harian, mantel Exotic Shorthair yang pendek, padat, dan mewah sangat mudah dirawat.
Ocicat
Ocicat adalah kucing yang tampak liar dengan asal-usul domestik, dibesarkan dari kombinasi ras Abyssinian, Siam, dan American shorthair. Bulu padat pendek ocicat membutuhkan sedikit perawatan; menyikat dengan sisir kari karet sudah cukup.
Scottish Fold
Scottish Fold memiliki telinga kecil yang melipat ke depan dan ke bawah. Scottish fold memiliki bulu yang lebat dan perlu perawatan rutin dengan menyikatnya seminggu sekali untuk kucing berbulu pendek.
Nah itulah beberapa jenis kucing berbulu pendek. Semoga bermanfaat!