Mengenal Giant Panda
Panda adalah hewan khas asal Tiongkok. Hewan ini memiliki keunikan tersendiri dan menjadi hewan favorit bagi banyak orang.
Panda Raksasa memiliki warna khas, yaitu hitam dan putih. Telinga, moncong, bahu, dan kakinya berwarna hitam, sedangkan sisanya berwarna putih. Rambutnya yang tebal dan halus membuat mereka merasa nyaman di daerah pegunungan yang dingin dan basah.
Panda Raksasa memiliki cakar yang ganjil, dengan lima jari dan "jempol". "Jempol" ini sebenarnya adalah tulang-pergelangan tangannya yang termodifikasi. Panda Raksasa memiliki panjang badan sekitar 1,5 meter dengan tinggi sekitar 75 cm, berat badannya bisa mencapai 100-120 kg.
Uniknya, giant panda yang tak suka suara berisik ini pun memang tak bisa mengurus lebih dari satu anak. Dalam keseharian, Giant Panda suka menyendiri, namun pada masa kawin di bulan Maret hingga Juni barulah mereka mencari pasangan.
Panda adalah hewan soliter. Ia lebih senang menyendiri. Tetapi, saat tiba masa berkembangbiak, panda akan mencari pasangan. Biasanya, si panda betina yang akan menarik perhatian si jantan. Caranya dengan berguling-guling atau mengeluarkan bau khusus untuk menarik perhatian si jantan.
Umumnya, giant panda hanya bisa melahirkan satu ekor anak saja. Tapi, melalui inseminasi buatan, hewan menggemaskan ini bisa melahirkan tiga ekor anak. Memiliki tubuh yang besar saat dewasa, namun bayi panda hanya seberat 0,1 kg saat dilahirkan dan baru bisa membuka matanya saat berumur 2 bulan.
Demikianlah informasi mengenai giant panda. Semoga bermanfaat!