Mengenal Elang Falcon
Burung elang alap-alap kawah atau Peregrine falcon dinobatkan sebagai hewan tercepat di dunia.
Burung dengan nama ilmiah Falcon peregrinus ini merupakan hewan karnivora alias pemakan daging. Peregrine falcon adalah predator yang memburu burung lainnya. Misalnya burung merpati, jalak, camar, kolibri, ikan, hewan pengerat, dan juga kelelawar. Dilansir dari All About Birds, peregrine falcon memiliki panjang 36 hingga 49 sentimeter, berat 530 gram hingga 1,6 kilogram dan rentangan sayap 1 hingga 1,1 meter.
Elang peregrine sedikit lebih kecil dari bebek, mungkin seukuran burung gagak namun memiliki sayap yang jauh lebih besar. Elang peregrine dapat terbang dengan kecepatan 323 kilometer per jam, menyamai kecepatan mobil dalam sirkuit Formula 1. Dengan kecepatan setinggi itu, elang peregrine menukik di udara dan menyelam ke dalam air untuk mendapatkan mangsa tanpa mengalami cedera sedikitpun.
Dilansir dari National Geographic, elang perigrine beradaptasi dengan sangat baik dari tundra dingin, gurun panas, permukaan laut, hingga pegunungan. Alap-alap kawah bisa bermigrasi sejauh puluhan ribu kilometer, terutama ketika musim bersarang tiba. Alap alap kawah di AS misalnya, dalam setahun mereka bisa melakukan perjalanan hingga 24 ribu kilometer.
Alap-alap kawah dikenal sebagai pemburu tangguh. Mereka berburu mangsa di darat dan udara, seperti kelelawar, kelinci, dan burung lainnya. Elang ini hidup di seluruh benua di dunia, kecuali Antartika. Mereka menyukai ruang terbuka dan biasanya banyak dijumpai di sekitar pantai. Kendati begitu, alap-alap kawah juga bisa ditemukan di tundra hingga gurun. Mereka bahkan hidup di sekitar jembatan dan gedung pencakar langit di kota-kota besar.
Demikianlah penjelasan mengenai burung elang alap-alap kawah. Semoga bermanfaat!