Kebiasaan Aneh Kucing
Kucing menjadi hewan peliharaan populer karena tingkah lakunya yang lucu dan kadang terkesan aneh.
Saat memelihara kucing dalam waktu lama, mungkin kamu akan banyak bertanya terhadap perilaku kucingmu yang terkadang aneh. Saat tengah malam, bisa saja kucingmu melompat-lompat kegirangan. Bisa juga dia akan mendekatimu untuk mendengkur dan tidur. berikut kebiasaan aneh kucing beserta maknanya:
• Membawakanmu ‘hadiah’
Ada beberapa kebiasaan aneh kucing yang bagi kita cukup mengganggu. Kucing seringkali membawa pulang hasil buruannya ke rumah, seperti tikus, burung, kadal dan juga serangga. Meskipun begitu, untuk kucing ini adalah caranya menunjukkan kasih sayangnya kepada mu. Dengan cara ini kucing berterimakasih karena kamu sudah merawatnya.
• Kucing mendengkur untuk meminta perhatian dan pertolongan
Berbeda dengan mengeong, mungkin kamu pernah mendengar bunyi kucing yang lebih pelan seperti orang mendengkur. Ini adalah kebiasaan dari anak kucing yang minta disusui ibunya. Kucing suka mendengkur untuk minta dibelai. Getaran yang berasal dari dengkuran kucing memiliki efek menenangkan untukmu. Sementara, kucing yang sakit mendengkur untuk meminta pertolongan. Getaran dari dengkuran kucing berguna untuk menyembuhkan kerusakan tulang pada kucing yang terluka.
• Mengubur kotoran
Kebiasaan mengubur kotoran bisa dibilang sebagai perilaku yang sangat umum bagi kucing. Mereka akan mulai mempelajari kebiasaan ini sejak kecil dari induknya. Namun, beberapa kucing terkadang tidak mengubur kotorannya sebagai penanda wilayah.
• Kucing suka menggigit atau mencakar saat kamu membelainya karena dia merasa itu sudah cukup
Kucing memang menggemaskan. Itu sebabnya kamu mungkin sangat ingin memeluk dan membelainya. Saat kamu membelainya dan tiba-tiba dia menggigit dan mencakar, itu tandanya dia sudah cukup untuk dibelai. Sebenarnya, kucing sudah memberikan tanda-tanda sebelumnya. Saat merasa cukup, biasanya telinga kucing akan merata atau ekornya sedikit berkedut. Itu sebabnya, kamu kadang hanya perlu puas dengan mengelusnya sebentar dan membiarkan dia pergi dari pangkuanmu.
• Kucing gak suka keluar rumah bisa jadi karena dia merasa nyaman
Jika kamu memelihara kucing di rumah sejak dia lahir, dia gak akan pernah merasakan kehilangan tinggal di luar. Itu karena dia gak pernah mengalaminya. Namun, lain soal jika kamu mengadopsi kucing liar dan menaruhnya dalam rumahmu. Pada awalnya, dia mungkin akan merasa stres. Untuk itu, kamu bisa mengajaknya bermain agar terbiasa.
• Makan rumput
Kucing terkadang suka menghabiskan waktu di rerumputan. Apa yang mereka lakukan di sana? Ternyata, si kucing sedang makan rumput. Kebiasaan aneh ini tentu membuat bingung karena seharusnya mereka adalah hewan karnivora yang tidak makan rumput. Tidak perlu khawatir, kebiasaan ini sangat normal di kalangan kucing. Mereka ingin mendapatkan nutrisi dari rumput dan tanaman hijau lainnya. Di alam liar, nutrisi ini biasa didapat kucing dengan memakan isi usus mangsanya.
Demikianlah informasi mengenai kebiasaan aneh kucing beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat!