Gunung Fuji
Gunung Fuji terletak di bagian tengah-selatan pulau utama Jepang, Honshu, sekitar 80 kilometer di timur Tokyo, antara Prefektur Shizuoka dan Yamanashi. Pegunungan ini terletak di zona parit besar antara Teluk Suruga dan Seyuchuan. Gunung Fuji memiliki ketinggian mencapai 3775,63 meter, memiliki lingkaran di sekitar kaki gunung sejauh 125 kilometer, dan mencakup area sekitar 1200 kilometer persegi.
Gunung Fuji adalah salah satu simbol ikonik dari semangat dan budaya Jepang. Di hati orang-orang Jepang ada sebuah pesona alami yang dimiliki gunung Fuji, dimana merupakan gunung suci yang indah dan teguh. Gunung Fuji adalah gunung berbentuk kerucut dengan salju abadi di puncaknya. Di sekitar lereng Gunung Fuji, terdapat lima danau air tawar.
Gunung Fuji dianggap sebagai salah satu dari tiga gunung roh di Jepang. Hal ini disebut Puncak Furong atau Fu Yue dan merupakan "Gunung Tinggi yang Sempurna". Pada Februari 1936, ia telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Fuji Hakone Izu. Pada Juni 2013, ia telah tertulis di Daftar Warisan Budaya Dunia oleh Komite Warisan Dunia ke-37 sebagai "Gunung Fuji - Tempat Suci dan sumber pemahaman artistik". Gunung Fuji merupakan salah satu simbol penting dari Jepang, dan merupakan gunung tertinggi di Jepang. Ini adalah simbol kebanggaan Jepang. Gunung Fuji terlihat berdiri tinggi di awan, dengan puncak saljunya, seperti sebuah kipas terbalik.
Pada tahun 2013, Dewan Warisan Dunia UNESCO menyetujui Gunung Fuji sebagai warisan budaya di Daftar Warisan Dunia. Gunung Fuji terlihat di atas laut dan danau yang dikelilingi oleh desa dan pepohonan. Keindahannya telah lama menjadi target bagi banyak orang, serta telah menginspirasi seniman dan penyair.
Representasi Gunung Fuji dalam seni Jepang berasal dari abad ke-11, tetapi cetakan kayu abad ke-19 dari latar belakang, termasuk hutan pinus di pantai berpasir, membuat Gunung Fuji sebagai ikon Jepang dikenal secara internasional, dan ini telah memengaruhi perkembangan seni Barat.
Pada bulan Agustus 2002, setelah diukur ulang oleh Institut Geografi Wilayah Jepang, ketinggiannya menjadi 3.775,63 meter. Gunung ini berada dekat Samudra Pasifik, sekitar 100 kilometer barat daya Tokyo. Volume Gunung Fuji sekitar 500 km³. Gunung Fuji memiliki keliling sekitar 125 kilometer dan diameter 40 hingga 50 kilometer di dasarnya. Permukaan kawah di puncak gunung sekitar 500 meter, dengan kedalaman sekitar 250 meter.
Gunung Fuji merupakan bagian dari Cincin Api Fuji, sebuah rantai gunung berapi yang berjalan dari Kepulauan Mariana hingga ke Pulau-pulau Izu dan Semenanjung Izu di utara Honshu. Gunung Fuji adalah sebuah kebun botani alami, dengan lebih dari 2.000 spesies tumbuhan yang tersebar secara vertikal. Di bawah 500 m di atas permukaan laut adalah hutan evergreen tropis, 500-2000 m adalah hutan lebat musim gugur, dan 2000-2600 meter adalah hutan conifer, serta pada bagian atas 2600 meter adalah sabuk hutan alpine dan nana. Ada dua krater berukuran berbeda di puncak gunung, dan di bagian puncaknya terdapat salju abadi sepanjang tahun.
Daerah sekitar gunung yang berada di atas 1.500 meter di atas permukaan laut tidak memiliki vegetasi yang padat dan dianggap sebagai gurun vulkanik, sementara elevasi yang lebih rendah didominasi oleh hutan liar. Gunung Fuji adalah salah satu gunung berapi aktif terbesar di dunia dan saat ini sedang tidak aktif. Krate di puncak Gunung Fuji telah meletus 18 kali, dengan letusan terakhir terjadi pada tahun 1707. Bulan April adalah waktu yang tepat untuk melihat keindahan Gunung Fuji, karena bunga sakura di sekitar danau biasanya mekar pada awal April dan berlangsung sampai akhir bulan. Bulan Juli dan Agustus adalah bulan terbaik untuk mendaki Gunung Fuji, kemudian untuk bulan Oktober dan November adalah waktu yang baik untuk melihat daun maple di Gunung Fuji.