Olahraga Nomer Satu di Dunia
Sepak bola, juga dikenal sebagai bola kaki, adalah olahraga paling populer di dunia. Dengan jumlah penggemar yang sangat banyak di seluruh dunia, olahraga ini memiliki daya tarik yang tak tertandingi dibandingkan dengan olahraga lainnya.
Piala Dunia sepak bola yang diadakan setiap empat tahun sekali adalah acara yang paling terkenal di dunia olahraga. Pengaruh dan peringkat kepopulerannya sebanding dengan Olimpiade, dan telah dianggap sebagai festival sepak bola dunia.
Asal usul sepak bola dapat ditelusuri kembali ke Cina, di mana permainan itu dikenal sebagai zuqiu. Kemudian dikembangkan dan disebarkan ke Eropa oleh bangsa Arab, dan lambat laun berkembang menjadi olahraga yang kita kenal sekarang. Meskipun diyakini bahwa orang Romawi dan Yunani juga memainkan permainan dengan versi serupa di Abad Pertengahan.
Sepak bola modern berasal dari Inggris, dan pada awal abad ke-19, sepak bola menjadi populer di beberapa wilayah Eropa dan sekitarnya. Aturan tertulis pertama tentang sepak bola diterbitkan pada tahun 1848, oleh Cambridge dan Oxford, di mana 11 pemain per tim berpartisipasi dalam permainan tersebut.
Jumlah pemain ini telah dibawa hingga saat ini, dan banyak aturan lainnya telah diperbaiki seiring perkembangan olahraga.
Pada tanggal 26 Oktober 1863, perwakilan dari 11 klub berkumpul di London untuk menetapkan peraturan sepak bola dan membentuk organisasi sepak bola yang sah. Tanggal ini dianggap oleh semua orang sebagai hari lahir sepak bola modern.
Versi paling dikenal dari peraturan ini adalah permainan dengan 11 pemain per tim, di mana dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain, salah satunya adalah penjaga gawang, bermain dengan kaki dan juga dapat menggunakan kepala, tetapi tidak dapat menyentuh bola dengan tangan mereka.
Permainan dibagi menjadi dua babak yaitu 45 menit untuk masing-masing babak, yakni untuk babak pertama dan babak kedua dengan total 90 menit untuk waktu keseluruhan permainan, dan beberapa menit untuk waktu tambahan dari wasit di babak pertama dan kedua.
Ada juga versi permainan yang dimainkan dengan 7 dan 5 pemain, tetapi ukuran lapangan dan intensitas permainan tidak sebaik sepak bola dengan 11 pemain, sehingga permainan ini kurang menarik perhatian. Karena dalam hal sepak bola, standarnya adalah sepak bola dengan 11 pemain.
Lahirnya Olimpiade modern berdampak signifikan pada dunia olahraga. Untuk meningkatkan pengaruh dan popularitas sepak bola di dunia, pada Kongres FIFA tahun 1928, diputuskan bahwa Piala Dunia Sepak Bola pertama akan diadakan pada tahun 1930 di Uruguay.
Keberhasilan Piala Dunia sepak bola pertama mempercepat perkembangan sepak bola dan membawanya ke babak baru. Sejak itu Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali, dengan Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi edisi ke-22. Pernahkah Anda menyaksikan pertandingan sepak bola yang seru?