Burung yang Mengagumkan
Selalu terbayang keganasan dan kebrutalan dalam karakter elang, mereka suka beterbangan di langit dan mencari mangsa dengan pandangan mata yang tajam. Elang adalah hewan yang sangat mengagumkan.
Banyak orang beranggapan, elang merupakan hewan penguasa diatas udara dan selalu identik dengan kekuatannya. Terdapat ratusan spesies elang di dunia, jadi mari kita lihat, dan pelajari singkat beberapa spesies di antaranya sebagai berikut.
1. Elang Emas
Elang emas biasanya aktif sendirian jmaupun berpasangan, kadang-kadang dalam kelompok kecil di musim dingin, tetapi kadang-kadang juga terlihat dalam kelompok yang lebih besar sekitar 20 ekor. Elang emas sangat pandai terbang dan meluncur diudara, seringkali meluncur dalam garis lurus atau melayang-layang sambil melihat ke bawah untuk mencari mangsa, mengendalikan arah, ketinggian, kecepatan, dan posisi terbang melalui penyesuaian halus dari dua sayap dan ekornya.
Setelah menemukan sasarannya, elang emas menutup kedalam sayapnya dan menyambar dengan kecepatan sangat tinggi, dan kemudian perlahan-lahan mulai membuka sayapnya untuk memperlambat kecepatannya, sambil memegang kepala mangsa dengan kuat dan menjepitkan cakar tajamnya ke tengkorak mangsa, dan ini dapat membunuh mangsanya seketika. Ia memangsa puluhan spesies hewan, seperti angsa, bebek, rusa, rubah, berang-berang, kelinci, dan sebagainya, serta kadang-kadang juga memakan hewan pengerat dan hewan kecil lainnya. Ketika menangkap mangsa yang lebih besar, ia memotong bagian tubuh mangsanya di tanah, kemudian mulai memakan daging, jantung, hati, paru-paru, dan bagian dalam lainnya, lalu membagi sisanya menjadi dua bagian dan membawanya kembali ke tempat sarangnya secara bertahap.
2. Elang Gunung
Elang gunung seringkali terlihat sendirian, terbang dengan dua sayap dengan kecepatan sedang dan lambat untuk mencari mangsa, kadang-kadang melayang di ketinggian tinggi, sering hinggap pada pohon tinggi di hutan yang lebat. Makanan utama elang gunung, yakni kera, kelinci, burung fazantin, ular, kadal, dan hewan pengerat, tetapi juga memangsa burung kecil dan serangga besar, dan kadang-kadang juga memangsa ikan.
3. Elang Bertanduk
Elang bertanduk adalah elang terbesar di dunia, tetapi jenisnya tidak sepopuler yang lain. Elang bertanduk dapat mengangkat mangsa yang beratnya hingga mencapai 1,5 kali berat tubuhnya, seperti kera, berang-berang, dan mamalia penghuni pohon lainnya, serta burung seperti burung kakatua. Mereka memiliki penglihatan yang sangat tajam dan bisa melihat objek seukuran satu inci pada jarak lebih dari 200 yard.
4. Elang Laut Berkepala Harimau
Elang laut biasanya menghuni daerah pesisir dan lembah sungai, terkadang mengikuti sungai ke daerah pedalaman yang lebih jauh dari laut.
Suara elang laut terdengar sangat dalam dan serak. Mereka memiliki kecepatan terbang yang lebih lambat, seringkali meluncur dan melayang-layang di udara atau berdiri untuk waktu yang lama di tepi pantai yang berbatu, cabang pohon, atau bukit pasir di sepanjang pantai. Kelompoknya lebih aktif saat musim dingin tiba. Elang laut adalah burung pemangsa udara terbesar di teluk dengan makanan utamanya ikan, tetapi mereka juga dapat memakan makanan lain. Elang laut berkepala harimau dapat ditemukan di Jepang, Korea Utara, dan Korea Selatan.