Tips Merawat Ikan
Banyak orang yang suka memelihara ikan mas koki di rumah sebagai hewan peliharaan, maupun untuk menghiasi sudut rumah, tetapi banyak orang yang masih tidak pandai dalam memeliharanya, ikan mas koki yang baru dibeli menjadi cepat mati setelah beberapa saat di dalam akuarium. Merawat ikan memang terlihat sederhana, namun ada banyak cara dan tekniknya.
1. Kualitas air sangat penting
Jika Anda ingin ikan mas koki di rumah hidup lebih lama dan tidak cepat mati, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah menjaga kualitas air.
Jika air mengandung terlalu banyak kaporit atau terdapat banyak bakteri dan virus, bisa menyebabkan air di dalam akuarium menjadi keruh, dan akan mempengaruhi kesehatan ikan mas koki, yang akan membuat mereka terinfeksi dengan bakteri, atau membuat mereka mati karena kekurangan oksigen.
Mengganti air secara teratur adalah cara yang efektif untuk menjaga kualitas air, tetapi Anda tidak boleh mengganti air secara berlebihan setiap saat, hanya sepertiga dari aquarium saja.
Cobalah untuk tidak mengisi akuarium dengan air keran, jika menggunakan air keran sebaiknya dijemur di balkon rumah selama dua sampai tiga hari baru kemudian bisa dituang ke dalam akuarium, hal ini dilakukan untuk membuat kaporit di dalam air menguap. Jangan biarkan kaporit di dalam air melebihi standar, jemur terlebih dahulu air agar bisa memberikan kondisi lingkungan hidup yang lebih cocok untuk ikan mas koki.
2. Oksigen yang cukup
Jika ingin ikan mas koki Anda hidup lebih lama, pastikan bahwa kandungan oksigen cukup, sebaiknya pasang pompa oksigen di dalam akuarium agar bisa terus menyuplai oksigen selama 24 jam setiap hari.
Hal Ini bisa membuat akuarium memiliki kandungan oksigen yang cukup, membuat ikan mas koki yang ada di dalam akuarium bisa bernapas dengan bebas, dapat menjaga vitalitas ikan secara baik, dan untuk menghindari kematian ikan karena kekurangan oksigen.
3. Pentingnya mengontrol suhu air
Ikan mas koki menyukai lingkungan yang lebih hangat, meskipun mereka tidak membutuhkan suhu air yang tinggi, tetapi suhu air di dalam akuarium harus dikontrol sekitar 24 derajat, agar ikan mas koki dapat bertahan hidup lebih lama.
Jika ternyata Anda menemukan bahwa suhu air di dalam akuarium terlalu rendah, Anda harus menyalakan alat pemanas air pada tepat waktu, dan jika Anda melihat bahwa suhu air di dalam tangki sudah terlalu tinggi, Anda harus segera melepas alat pemanas air tersebut atau mengganti air sesegera mungkin, sehingga suhu air di dalam akuarium dapat terjaga pada temperatur yang aman.
4. Beri makan sekucupnya
Jangan memberi pakan makanan ikan yang terlalu banyak setiap saat, karena ikan bisa mati akibat kekenyangan.
Berilah makan ikan mas koki dengan beberapa jenis pakan yang bernutrisi tinggi, dan belilah pakan ikan yang bagus di toko-toko, agar ikan bisa menyerap nutrisi yang kaya dan seimbang, sehingga membuat ikan menjadi lebih kuat, lebih sehat, dan hidup lebih lama.