Keindahan Tumbuhan Kaktus Hias
Kaktus hias adalah kelas tanaman yang dapat tumbuh subur di lingkungan yang kering atau semi kering, karena kaktus memiliki organ penyimpanan air yang unik, daun dan batang yang tebal.
Mereka tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim yang kering atau semi-kering dan membutuhkan sinar matahari penuh, suhu sedang, dan kelembaban sedang. Kaktus hias sangat dekoratif dan disukai oleh banyak pecinta bunga, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana cara menumbuhkannya dengan sukses. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa langkah dasar untuk menumbuhkan kaktus hias yang indah.
1. Memilih Pot Bunga dan Tanah yang Tepat
Kaktus hias dapat ditanam dalam berbagai wadah seperti pot keramik, botol kaca, atau wadah lainnya, selama mereka memiliki lubang drainase di bagian bawah. Saat memilih tanah, penting untuk memilih yang cocok untuk pertumbuhan kaktus hias. Campuran tanah yang cocok dapat dibuat dengan mencampurkan pasir kasar, gambut, humus daun, dan bahan ringan dalam rasio 2:1:1:1, dan menambahkan sedikit pupuk organik untuk meningkatkan kesuburan tanah.
2. Menumbuhkan Bibit yang Sehat
Kaktus hias dapat diperbanyak dengan biji atau stek. Jika diperbanyak dengan biji, maka biji perlu ditanam di tanah khusus dan dipelihara pada kelembaban dan suhu yang sesuai. Stek harus diambil dari tanaman dewasa dengan memotong tunas baru atau segmen batang, dan menunggu sayatan sembuh sebelum ditanam.
3. Memberi Air Dengan Benar
Secara umum, kaktus hias perlu disiram setiap 4 hari pada musim semi dan gugur. Namun, di musim panas yang panas, kaktus hias harus disiram sekali sehari karena air menguap dengan cepat. Selama periode dorman di musim dingin, kaktus hias tidak akan menyerap banyak air dan harus disiram setiap setengah bulan. Penting untuk tidak memberi terlalu banyak air setiap kali untuk menghindari genangan air dan pembusukan akar. Juga, hindari menuangkan air pada daun untuk mencegah infeksi jamur.
4. Memberi Pupuk yang Cukup
Pertumbuhan kaktus hias membutuhkan banyak nutrisi. Pemupukan harus dilakukan secara efektif untuk mencegah penyakit dan hama. Terlepas dari spesiesnya, selama periode dorman, hentikan penyiraman pot. Berikan pupuk beberapa kali untuk menyediakan nutrisi yang diperlukan bagi kaktus hias. Pupuk yang dibuat khusus untuk kaktus hias biasanya tersedia atau pupuk organik juga dapat digunakan.
5. Memberikan Sinar Matahari yang Cukup
Kaktus hias sangat menyukai cahaya, sehingga sebaiknya ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari dan hangat. Disarankan memiliki balkon atau teras di rumah supaya tumbuhan kaktus dapat melakukan fotosintesis dengan baik. Di musim panas, mereka harus dilindungi dari sinar matahari langsung untuk menghindari terbakarnya cabang dan daun.
6. Suhu
Kaktus hias umumnya lebih suka pada suhu antara 60-85°F (15-29°C). Di daerah beriklim dingin, penting untuk melindungi mereka dari embun beku dan suhu yang membeku, karena ini dapat merusak atau bahkan membunuh mereka. Jika menanam kaktus hias di dalam ruangan, pastikan mereka tidak diletakkan di dekat angin dingin dari jendela atau pintu.
Di atas adalah metode penanaman dasar untuk kaktus hias. Penting untuk dicatat bahwa berbagai varietas kaktus hias mungkin memiliki persyaratan penanaman yang spesifik yang perlu disesuaikan. Dengan mengikuti langkah-langkah dasar ini, Anda dapat merawat kaktus hias sehat dan indah yang akan menambah sentuhan hijau di rumah atau taman Anda.