Air Terjun Islandia
Islandia adalah negara pulau yang sangat indah, penuh dengan banyak keajaiban alam. Namun, salah satu keindahan yang tak boleh dilewatkan di Islandia adalah air terjunnya. Dengan banyaknya gunung yang 11% tanahnya tertutup gletser, air mencair dari gletser ini telah membentuk sejumlah besar air terjun di antara pegunungan. Meskipun sebagian besar air terjun ini terletak di tempat yang terpencil dan gersang, akan tetapi pemandangannya yang spektakuler sangatlah sepadan dengan waktu dan usaha untuk menemukan lokasinya.
1. Seljalandsfoss
Terletak di barat daya Islandia, di Sungai Seljalands sekitar 30 kilometer di sebelah barat Skogar, Seljalandsfoss mengalir turun dari tebing dengan ketinggian vertikal 60 meter. Pemandangan indah air terjun ini sangat spektakuler, membuatnya menjadi favorit di antara para pecinta fotografi. Waktu paling indah untuk menikmati Seljalandsfoss adalah saat matahari terbit atau terbenam, ketika sinar matahari bersinar pada tirai air terjun, maka ini akan menjadikannya kabut air yang indah dan cerah, yang pasti akan membuat Anda terpesona dengan keindahannya.
2. Skogafoss
Kemegahan Skogafoss memiliki ketinggian sekitar 60 meter, menjadikannya pemandangan yang sangat spektakuler. Di sisi timur air terjun, terdapat jalan setapak menuju gunung. Setelah mencapai puncak, Anda dapat melihat sumber air terjun. Meskipun skala Skogafoss lebih kecil dari Seljalandsfoss, namun Anda dapat mendekat ke air terjun, maka itu akan terlihat lebih megah. Jika Seljalandsfoss memiliki pemandangan indah, maka Skogafoss memiliki pemandangan yang megah.
3. Hengifoss
Hengifoss adalah salah satu air terjun tertinggi di Islandia dan salah satu landmark paling terkenal di Timur Islandia. Air terjun ini terkenal karena susunan lapisan tanah liat merah dan basalt hitam yang dramatis di wajah tebing, memberikan latar belakang yang indah untuk air terjun yang mengalir. Selama periode Tersier (sekitar 5-6 juta tahun yang lalu), abu vulkanik menetap di tanah di daerah Hengifoss, akhirnya berubah menjadi tanah liat dan kaya besi. Ketika gunung berapi meletus, besi bereaksi dengan oksigen untuk membentuk lapisan merah yang terlihat pada batuan. Ini menciptakan kontras yang menakjubkan dengan batuan basalt hitam, menjadikan Hengifoss sebagai destinasi wajib dikunjungi di Islandia。
4. Häfnarfoss
Terletak di dataran tengah Islandia, Häfnarfoss adalah salah satu air terjun tertinggi di Islandia, dengan ketinggian hampir 200 meter, dan merupakan lanskap alam yang spektakuler. Berdiri di depan air terjun. Anda tentunya akan terkesima oleh suara dan pemandangan air, serta merasakan kekuatan alam.
5. Goðafoss
Goðafoss adalah salah satu air terjun paling terkenal di Islandia, terletak di distrik Akureyri di utara Islandia. Air terjun ini mendapatkan namanya dari sejarahnya yang luar biasa.
6. Fjaðrárgljúfur
Terletak di selatan Islandia, Fjaðrárgljúfur adalah lembah sempit yang indah yang dikelilingi oleh tebing. Air terjun ini terkenal karena pemandangannya yang megah. Sungai mengalir melalui ngarai yang sempit, membentuk air terjun panjang, dan air mengalir di antara batu-batu yang menciptakan lanskap alam yang unik.
Air terjun ini hanya beberapa dari banyak air terjun di Islandia. Jika Anda berencana melakukan perjalanan ke Islandia, maka tentu saja jangan lewatkan keajaiban alam yang menakjubkan ini. Keindahan yang luar biasa dari air terjun ini akan membuat Anda terkagum-kagum dan akan membuat perjalanan Anda ke Islandia menjadi pengalaman yang tak terlupakan.