“Peony” Raja Bunga
Paeonia lactiflora, juga dikenal sebagai "raja bunga," termasuk keluarga Buttercup dan merupakan bunga herbal abadi. Terkenal dengan bunga-bunganya yang besar, berwarna cerah dan lembut, ini juga sering disebut sebagai "peri bunga."
jenis bunga ini merupakan salah satu dari "enam bunga terkenal" dan juga dikenal sebagai "dewa bunga Mei." Perawatan yang tepat sangat penting untuk budidaya sukses peony. Setelah ditanam, peony sebaiknya tidak sering dipindahkan karena hal ini dapat merusak akar dan memengaruhi pertumbuhan serta dapat mempengaruhi tahap pembungaannya. Untuk memastikan peony tumbuh dengan baik, mereka membutuhkan pemupukan tahunan. Setelah pemupukan, tanah harus segera diendapkan untuk mengurangi penguapan air, dan tanaman harus disiram dengan cukup. Selama musim hujan, penting untuk sering memotong rumput dan menyingkirkan gulma di sekitar tanaman. Sebelum peony mekar, kuncup samping sebaiknya segera dihilangkan untuk berkonsentrasi pada nutrisi dan mendorong kuncup atas agar dapat menghasilkan bunga yang besar dan indah. Setelah berbunga, tangkai harus dipotong untuk menghindari penyerbukan dan konsumsi nutrisi, kecuali jika Anda berniat menabur benih untuk mereproduksi. Saat menanam peony di tanah, penting untuk memilih daerah yang tinggi, berdrainase baik, dan banyak sinar matahari. Hindari menanam di daerah rendah yang rentan terhadap genangan air. Peony memiliki akar yang berdaging dan membutuhkan tanah yang gembur, subur, dan sedikit asam berpasir. Mereka tidak tumbuh dengan baik di tanah yang beralkali, yang dapat menyebabkan daun menguning, layu, dan mati.
Peony yang ditanam di tanah tidak memerlukan penyiraman yang sering, kecuali pada saat kekeringan atau sebelum dan setelah berbunga ketika mereka memerlukan lebih banyak air. Penyiraman sebaiknya dilakukan dengan sedikit-sedikit, dan tanah harus dibiarkan untuk sedikit mengering saat waktu penyiraman. Pemupukan juga harus dikendalikan, dengan tiga aplikasi per tahun. Aplikasi pertama sebaiknya dilakukan saat ujung-ujung baru muncul, ketika daun dan kuncup bunga sedang meregang. Aplikasi pertama ini harus terdiri dari pemberian pupuk, yang umumnya disebut sebagai pupuk promosi bunga. Peony memiliki nilai ornamen yang tinggi karena warna-warnanya yang cerah dan bunga-bunga yang besar dan lembut. Mereka sering ditanam di taman rumah dan dapat berperan untuk membantu mendekorasi lingkungan dalam ruangan dan mengatur atmosfer dalam ruangan. Biji Paeonia dapat digunakan untuk mengekstrak minyak untuk membuat sabun dan mencampur cat. Akar dan daunnya kaya akan tanin, yang dapat diekstraksi dan digunakan sebagai pestisida tanah untuk membunuh kutu daun kedelai dan mengendalikan karat jerami gandum.
Pemangkasan plastik sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan bunganya yang berwarna-warni dan pertumbuhan yang kuat pada Paeonia lactiflora. Pemangkasan cabang utama, pemangkasan, penghilangan kuncup, penipisan kuncup, dan pemangkasan bunga residu semuanya merupakan aspek penting dari proses pertumbuhan tanaman. Paeonia lactiflora dapat ditanam selama 2-3 tahun untuk membentuk cabang utama. Untuk spesies dengan potensi pertumbuhan yang kuat dan pertumbuhan yang kuat, satu batang peony dapat dipangkas. Untuk spesies dengan potensi pertumbuhan yang lemah dan jumlah cabang yang sedikit, cabang yang tipis dan lemah harus dipangkas serta untuk cabang yang kuat harus dipertahankan. Paeonia lactiflora memiliki berbagai penggunaan obat, serta sebagai tanaman hias. Akarnya dapat digunakan untuk membuat bubur yang dapat membantu meringankan rasa sakit saat menstruasi dan meredakan dismenore pada wanita. Ini dapat diseduh dengan teh hijau dan cairan lainnya untuk membantu meningkatkan kesehatan pada hati, melindungi mata, dan kesehatan kulit. Selain itu, perlu diketahui bahwa bunganya yang berwarna-warni dan penampilannya yang lembut dari Paeonia lactiflora juga memiliki nilai hias yang cukup tinggi.